Bupati TNI-Polri Sidak Pengamanan Natal Sejumlah Gereja di Pacitan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan - 104,6 MHz on Jumat, 25 Desember 2020

Grindulu FM, Pacitan - Bupati Pacitan bersama Kapolres dan Komandan Kodim 0801 Pacitan serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Pacitan sidak pengamanan natal dengan menggunakan iring iringan mobil dinas.Kamis sore (24/12/2020)sekitar pukul 17.00 WIB.

Inspeksi kesiapan natal di pastikan aman dan penuhi protokol kesehatan di sejumlah gereja yang ada di wilayah Pacitan.Salah satu gereja yang di kunjungi adalah gereja katolik st.fransiskus xaverius jalan Piere Tendean dan Gereja Jawi Wetan di Kawasan Pucangsewu Pacitan.

Sidak ini merupakan upaya dari pemerintah Kabupaten Pacitan bersama TNI dan Polri untuk menjamin keamanan warga nasrani dan khatolik untuk dapat menjalankan ibadah natal dengan aman dan nyaman. Bupati Pacitan Indartato menghimbau masyarakat untuk tetap hidup damai berdampingan dalam keberagaman bertoleransi. Sidak dari jajaran forkopimda ini dapat sambutan baik dari gereja. Diharapkan dengan pengamanan yang diberikan dapat menjamin jalannya keamanan ibadah natal di Pacitan.

“Jadi hari ini forkopimda Pacitan memastikan langsung jalannya ibadah natal lancar. Kita sama sama tahu yang pertama adalah toleransi dan yang kedua yang paling pokok ini adalah karena ini masih masa pandemi covid-19 ini mari kita jaga bersama supaya tidak tertular dan tidak menularkan kepada siapapun sehingga bisa memutus matarantai penularan.”

Kapolres pacitan telah mengerahkan duapertiga(2/3) kekuatan personilnya baik dari TNI-POLRI maupun gabungan untuk mengamankan natal tahun baru  2021 dan libur panjang.

Kapolres menjamin pelaksanaan ibadah natal di Pacitan aman. Sterlsasi ruangan gereja dilakukan secara manual untuk menghilangkan rasa takut adanya orang asing atau suatu benda yang mencurigakan yang tidak suka keberagaman. Petugas polisi dan Kodim 0801 disiagakan di sejumlah gereja pada hari natal. Jumat(25/12/2020).

 “Terkait toleransi itu yang di jaga adalah sebab minoritas itu yang agak rawan adalah orang orang yang tidak  suka terhadap keberagaman. Tadi juga kita beri atensi tetap jaga keberagaman takutnya ada orang orang asing atau sesuatu ebnd ayang diletakan tidak pada porsinya dan mencurigakan itu harus tetap di lakukan atensi atensi khusus dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Pemkab Pacitan terus berupaya lakukan pengendalian angka kasus covid-19 ditengah perayaan natal tahun baru 2021 dan libur panjang kali ini. Dengan memutuskan untuk membatasi warga yang berkerumun di temnpat tempat wisata. Tetap di rumah saja dengan adanya pelonjakan penyebaran covid-19 di bulan Desember kali ini. Pemerintah juga kembali menggencarkan ajakan pakai masker setelah beberapa minggu terakhir di nilai kendur.

Kapolres menjelaskan, siap mengamankan jalannya ibadah natal bagi warga nasrani dan khatolik yang ada di Pacitan. Personil yang di

turunkan hampir sama dengan pengamanan saat pilkada sekitar 450an personil yang di turunkan amankan natal tahun baru dan libur panjang.

“Kita ada group WhatsAPP tangguh yang sampai ke Ketua RT. Jadi nomer HP ketua RT sudah kita rangkum satu group apabila ada hal hal yang mencurigakan dapat di informasikan disini ataupun japri secara langsung sehingga kita cepat untuk mengantisipasi hal hal yang tidak di inginkan”Under Estimate” atau jangan meremehkan orang orang asing dan benda benda asing yang di letakan tidak pada porsinya atau tempatnya.”kata Kapolres,

Editor : Asrinuryani

Blog, Updated at: 13.02
Comments
0 Comments