Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan Di Bukit Sentono Gentong Sambut HUT Ke-75 RI

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Senin, 17 Agustus 2020

Grindulu FM, Pacitan - Moment  dalam rangka merayakan HUT ke-75  Republik Indonesia, Kodim 0801 Pacitan bersama Kepolisian Resort Pacitan mengibarkan bendera merah putih raksasa di ketinggian puncak bukit sentono gentong, Minggu(16/08/2020).

Pengibaran bendera merah putih berukuran panjang 27 meter dan lebar 18 meter itu dibentangkan langsung  oleh Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Inf. Nury Wahyudi bersama dengan Kapolres Pacitan AKBP Didik Haryanto dibantu oleh BPBD, Jajaran Kodim 0801 dan jajaran Polres Pacitan.


Sebelum bendera merah putih dibentangkan dilaksanakan upacara seremonial terbatas. Begitu juga protokol kesehatan diberlakukan ketat. Dimana  sebelum memasuki lokasi sentono gentong seluruh peserta upacara pengibaran bendera merah putih juga di cek suhu dan cuci tangan.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Inf. Nury Wahyudi menyampaikan, moment pengibaran bendera merah putih ini dalam rangka merayakan HUT ke-75 RI.

Kenapa dikibarkan di puncak bukit sentono gentong, lanjut Letkol Inf. Nury sebagai simbol semangat merah putih dalam membangkitkan semangat positip bagi generasi sekarang.

Dandim juga menyebutkan, dalam merah putih itu ada tiga hal yang tidak bisa di pisahkan, yakni harga diri bangsa, jati diri bangsa dan persatuan bangsa NKRI.

“Oleh karena itu kita libatkan semua element masyarakat sebagai simbol kemerdekaan itu berkelanjutan demi bangsa indonesia maju terus pantang mundur.”terang Letkol Inf. nury wahyudi dalam sambutannya.

 

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Pacitan AKBP Didik Haryanto menyampaikan, pengibaran bendera berukuran raksasa ini merupakan kegiatan luar biasa. Dimana jiwa patriotisme tidak boleh terputus. Kemerdekaan  yang sudah kita dapatkan agar tetap di isi oleh generasi muda.

‘kemerdekaan ini agar tetap terpatri dalam benak kita. Baik oleh generasi sekarang maupun generasi sebelum sebelumnya. Mudah mudahan HUT ke-75 ini indonesia tetap maju dikancah internasional bersaing di tengah pandemi wabah covid-19.”Terang Kapolres Didik dalam sambutannya.

Ditambahkan Kapolres saat ini kemerdekaan sudah di capai selama 75 tahun, semoga dengan pengibaran bendera merah putih ber ukuran raksasa tersebut bisa memacu semangat persatuan.

Seperti diketahui, dalam upacara pengibaran bendera merah putih disentono gentong Minggu(16/08/2020) di hadiri Camat Pringkuku dan aparat pemerintahan desa setempat, pelajar dari Sd, Smp, Sma dan mahasiswa, veteran, bintara, tamtama jajaran kodim 0801 dan jajaran polres pacitan.

Terakhir dalam pengibaran bendera merah putih di ketinggian puncak bukit sentono gentong disampaikan pesan oleh Komandan Kodim 0801 Pacitan.“dalam merah putih ada tiga kehormatan bangsa yaitu jati diri bangsa, kedaulatan bangsa dan persatuan bangsa dan negara. Simbol ini sangat dalam karena itu kewajiban kita mengisi kemerdekaan ini dengan hal hal yang positip. Sebagai simbol tekat memajukan negara kesatuan RI. Tentu semangat ini yang ingin kita kobarkan selalu pada generasi penerus dengan kreasi disesuaikan dengan kondisi zaman.”tutur Dandim Letkol.Inf.Nury Wahyudi.

 

Editor : Asrinuryani

Blog, Updated at: 07.28
Comments
0 Comments