ODR Bertambah Ratusan, Dinkes Pacitan Minta Warga Baru Datang Dari Luar Daerah Lapor

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Sabtu, 21 Maret 2020

Grindulu FM, Pacitan -  Status Orang Dengan Resiko (ODR) virus corona di Kabupaten Pacitan terus mengalami tren peningkatan. Jika awalnya hanya berjumlah 2 orang, kini menjadi 263 orang.  ODP 40 orang dan PDP 1 orang, Selesai dipantau 11 orang. Ini data per 21 Maret 2020 perjam 13.00. Dengan  total jumlah dipantau ada 304 orang.  Kenaikan inipun hanya berselang tiga hari saja.
Plt. Dinkes Pacitan Dr. Hendra dan Kabaghumas Pemkab Herman Budi
foto :Grindulufm-asri
Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Dokter Hendra Purwaka, Data kenaikan ODR ini diperoleh dari Puskesmas di 24 Puskesmas yang berada di 12 Kecamatan di Kabupaten Pacitan. Sabtu(21/03/2020).

"Siapaun warga di Pacitan yang baru pulang dari luar daerah wialayah terjangkit ataupun terpapar agar proaktip dengan penuh kesadaran diri melaporkan ke petugas puskesmas. Bahkan untuk warga ODR yang merasakan sakit agar segera memeriksakan diri kemedis terdekat." Pesan Dokter Hendra.

ODR tersebut saat ini kondisinya sehat. Semua ODR , ODP yang ada di Kabupaten Pacitan tengah diawasi oleh petugas medis selama 14 hari kedepan. “Sudah kita lakukan pemantauan kesehatannya baik. Semua sehat mereka dan Alhamdulillah sampai hari ini di Pacitan tidak ada yang positip. Semua negatif, masih aman Pacitan dari virus covid-19.” Ungkap  Dokter Hendra.

Melihat kondisi penambahan jumlah ODR yang terus meningkat, diminta warga di Pacitan mengurangi berpergian keluar rumah. Ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Wilayah Pacitan. 
Pemerintah Kabupaten Pacitan juga meminta kepada seluruh masyarakat agar jangan melakukan kunjungan ke daerah terjangkit virus corona. Selain itu, warga juga harus menghindari kerumunan massa.

Selain itu kantor warung swalayan wajib sediakan wastafel sebagai sarana cuci tangan. Sidak supermarket sudah dilakukan dan dipastikan ada wastafelnya bagi pembeli untuk cuci tangan.

Pemerintah Kabupaten Pacitan juga telah menutup seluruh kawasan wisata yang ada di Pacitan, termasuk Pasar malam dan tempat hiburan malam serta melakukan penjagaan ketat diperbatasan melalui cek suhu tubuh warga yang keluar masuk di perbatasan pacitan demi keselamatan warga Pacitan terhindar dari penyebaran virus corona.

Editor : asri nury

Blog, Updated at: 15.43
Comments
0 Comments