Siaga! Musim Meningkatnya Demam Berdarah

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Sabtu, 22 Februari 2020

Grindulu FM, Pacitan -  Musim hujan diawal tahun 2020 ada tren peningkatan  penderita Demam Berdarah di Kabupaten Pacitan dan juga kabupaten lain di JawaTimur. “Karena ini musim musim peningkatan DB tidak hanya pacitan semua kabupaten tren nya pada minggu ini meningkat daripada minggu lalu.” Jelas Dokter Eko Budiono Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan.

Sesuai data dinas kesehatan untuk  bulan February akhir ini ditemukan 7 kasus positip DB. Sedangkan Minggu pertengahan ada 5 kasus baru DB. Dan minggu awal februari ditemukan 5 kasus baru. Sehingga untuk februari 2020 ada 17 kasus baru penderita DB yang masuk laporannya ke Dinas Kesehatan. Namun untuk total tersangka Demam Dengue jika ditotal dari januari hingga Februari bisa mencapai seratusan .
Dokter Eko Budiono Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan
                                               foto : Grindulufm-asri                                                   
Untuk  meningkatnya tren DB di Pacitan Dinas Kesehatan memiliki system siaga cepat. “jadi silahkan menghubungi puskesmas terdekat atau dinas kesehatan atau langsung WA nomor saya akan segera kita tindak lanjuti. Kita jaga jangan sampai Demam Berdarah.”terang dokter eko.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pacitan menginstruksikan semua Puskesmas tetap siaga. Kadang hujan kadang panas ternyata cepat membuat perkembangbiakan jentik nyamuk aides aygepthy cepat subur. Selain itu, juga diharap perhatiannya pada setiap RT/RW untuk melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk.

Fogging boleh dilakukan, tapi dengan catatan kalo ditemukan positip DB bukan Demam Dengue.
Jika sebatas demam dengue bisa disembuhkan dengan mengonsumi cairan yang banyak istirahat yang cukup dan terpenting jaga kebersihan diri dan lingkungan melalui gerakan berantas sarang nyamuk.
Ditambahkan dr.Eko Budiono, syarat harus terpenuhi menyatakan seseorang positip DB. Diantaranya panas tubuh  betul betul terukur 38 celcius.

Wilayah endemis Demam Berdarah di Kabupaten Pacitan sampai tahun 2020 ini menurut peta dinas kesehatan masih didominasi wilayah kota. Faktornya karena kepadatan penduduk dan mobilitas warganya yang sangat tinggi. Untuk mengantisipasi Demam Berdarah merajalela, masyarakat  diminta lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Menggencarkan kembali menguras mengubur dan menutup (3M). Berbagai cara lainpun sudah sering disampaikan pada masyarakat salahsatunya pakai lotion anti nyamuk.

Dinas kesehatan pacitan berharap kerjasama masyarakat saat ini akan pedulinya berantas sarang nyamuk bisa menghindari traumatis melonjaknya angka DB seperti tahun 2016 lalu. Dimana tahun 2016 lalu angka penderita DB dipacitan sempat tertinggi di Jawatimur. Sementara ditahun 2017 Kabupaten Pacitan juga pernah menerima penghargaan terbaik pencegahan penyakit DB.

Reporter : asrinury

Blog, Updated at: 15.08
Comments
0 Comments