Seribu Orang DiLibatkan Dalam Pemeran Inti Prosesi Hari Jadi Pacitan Ke 275

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Rabu, 19 Februari 2020

Grindulu FM, Pacitan -  Suguhan kemeriahan merayakan Hari Jadi Pacitan ke 275 memang sudah terasa. Terutama dari jumlah pemeran inti Prosesi Hari Jadi.

Diungkapkan Daryono Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pacitan , prosesi kali ini dibutuhkan 800 orang pemeran inti yang diambil dari perwakilan pelajar, seniman muda dan seniman tua. “Jika ditotal jumlah tenaga untuk menyukseskan gelaran prosesi Hari Jadi Pacitan tahun ini ada 1000 orang.yang ditugasi sebagai pemeran inti mulai dari parogo hingga panitia.” Jelas Daryono.
Daryono Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
foto : Grindulufm -asri
Jika dibandingkan tahun lalu dari segi anggaran dan kemeriahan memang lebih besar dan lebih meriah tahun ini. Kemeriahan Prosesi Hari Jadi tahun ini dilibatkan seluruh masyarakat. Tidak  benar jika masih ada anggapan suguhan hari jadi pacitan hanya untuk kalangan segelintir saja. Buktinya untuk pintu pendopo dari semua arah akan dibuka lebar untuk warga masyarakat pacitan yang ingin melihat langsung acara prosesi di lapangan pendopo kabupaten.

Dibukanya pintu masuk pendopo sejak pagi hingga acara prosesi selesai . yang mana dijadwalkan mulai dari kirab pusaka hingga prosesi memakan waktu sekitar 1 jam. “Silahkan untuk warga yang ingin melihat langsung,  boleh silahkan. Nanti masuknya melalui pintu depan maupun pintu timur dan pintu barat.”Terang Daryono.

Dalam Prosesi, musik yang mendominasi Gamelan. Dari dua sanggar dipacitan dapat kehormatan  menyajikan lagu jawa versi muda dan versi tua. Tahun ini dari awal hingga akhir musik gamelan mendominasi suasana prosesi Hari Jadi Pacitan ke 275.

Reporter : asrinury

Blog, Updated at: 08.10
Comments
0 Comments