Bupati Indartato Sedih Orang Kurang Beruntung Di Pacitan Masih Banyak

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Kamis, 20 Februari 2020

Grindulu FM, Pacitan -   Disetiap kemeriahan perayaan Hari Jadi Pacitan dan disetiap kali menerima penghargaan  kesuksesan  memimpin  pacitan. Bupati Indartato selalu menyampaikan  keinginannya  untuk membuat  orang  pacitan tidak miskin lagi. Angka kemiskinan yang selalu menjadi  perioritas Indartato. 

Namun apa daya kondisi kemiskinan  dipacitan dalam dua periode  Indartato memimpin pacitan  masih diangka yang tergolong tinggi. Setiapkali ketemu  pejabat tinggi pemerintahan pusatpun  yang datang kepacitan , angka kemiskinanlah  yang selalu menjadi curhatan indartato.
Begitu juga saat ditanya diperayaan Harijadi Pacitan ke 275 ,  Indartato  berharap  penduduk miskin berkurang dari tahun ketahun.

“harapannya bahwa utamanya penduduk miskin harus berkurang meski menurut saya ini sulit sekali. Karena komponennya adalah banyak. Oleh karena itu penduduk kurang beruntung setiaptahun bisa turun.syukur  diakhir masa jabatan saya RPJMD  bisa menurunkan penduduk miskin bisa terpenuhi.”Ungkap Indartato Bupati Pacitan.

Untuk menjawab kesedihan bupati indartato  terkait kemiskinan dipacitan yang masih menjadi pekerjaan rumah terberat.diusia Pacitan ke 275 ini akan terus berbenah mengevaluasi. ”melakukan apa yang bisa kita lakukan dengan kemampuan yang terbatas.” Jelas indartato usai prosesi Harijadi Pacitan diPendopo Kabupaten Rabu (19/02/2020).

                                                   Bupati Indartato bersama Isteri saat acara Prosesi Harijadi Pacitan                                                     
Seperti diketahui,kemiskinan yang sampai saat ini masih 13,60 persen memang masih menjadi pekerjaan rumah terbesar bagi Indartato.
Meski sulit membuat tak ada lagi kemiskinan dipacitan. Namun dari tahun ketahun diklaim angka kemiskinan turun.

Menurut data  Dinas Sosial Kabupaten Pacitan, jumlah penerima bantuan pangan non tunai dipacitan memang menurun 15 persen dari total penerima sebelumnya mencapai 25 ribu orang lebih. Rata rata mereka sudah dalam kondisi mandiri.
Meski begitu permasalahan kemiskinan dipacitan menjadi masalah yang harus jadi perioritas untuk dievaluasi diperbaiki dan digenjot penurunan angkanya.
Tidak berlebihan memang  jika setiap menyinggung angka kemiskinan,bupati indartato selalu merasa sedih. Indartato mengaku setiapkali ia berkunjung ke desa desa dalam acarnya tilik warga selalu ditemukan warga yang masih miskin. Menurut Bupati pengurangan warga miskin bukan hanya menjadi tugas pemerintah melainkan semua pihak.

Seperti diketahui, dalam menurunkan angka kemiskinan selama 10 tahun kepemimpinan Indartato berbagai program intervensi Pemerintah Kabupaten Pacitan terus digelontorkan. Program intervensi tersebut antara lain melalui Grindulu Mapan.

Bupati Indartato  berharap sekali kepada jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah ) berharap untuk terus bekerja  untuk rakyat Kabupaten Pacitan lepas dari jeratan kemiskinan.

Meski masih ada pekerjaan rumah yang berat dari menurunkan angka kemiskinan dan mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah) tapi bupati mengajak masyarakat selalu bersyukur dan introspeksi diri terus berupaya bersatu padu memnagun pacitan sehingga warga pacitan lebih maju sejahtera.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten pacitan selama ini masih sangat bergantung pada sektor wisata.  Ada satu potensi yang bisa mengungguli pendapatan asli daerah selain wisata terang bupati, yakni Tambang.  Sebenarnya banyak potensi tambang dipacitan seperti marmer.  Tapi  masih terkendala infrastruktur dan masih kalah jarak (akses jalan) dibandingkan dengan kabupaten lain.


reporter : asrinury

Blog, Updated at: 10.42
Comments
0 Comments