Tidak Perlu Khawatir, Stok Daging Terpantau Aman Jelang Lebaran

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Maret 28, 2024

GrinduluFM Pacitan - Kelangkaan daging sapi yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia tak terjadi di Pacitan.

Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pacitan menegaskan, jelang lebaran 1445 Hijriyah stok daging masih terpantau cukup aman.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan Sugeng Santoso mengatakan, pelaporan stok daging sapi dan ayam saat ini posisi cukup hingga lebaran walaupun beberapa masih ada suplai dari luar daerah.

“Insya Allah..Insya Allah terpantau cukup stok daging hingga lebaran meski ada kenaikan harga dgaing jelang lebaran karena kebutuhan warga meningkat,” katanya.

Harga daging sapi, kambing, ayam di pasaran masih normal.

Data Dinas Perdagangan harga daging sapi biasa Rp 160.000 per kilogram. Daging ayam potong Rp 45.000 per kilogram.

Upaya penjaminan ketersediaan bahan pangan asal hewan terus dilakukan antara lain dengan pengawasan di pasar pasar tradisional.

Ketersediaan kebutuhan pokok juga terpantau cukup aman di pasar. Apalagi Kabupaten tetangga sudah mulai masuk musim panen sehingga bisa menyuplai kebutuhan dasar seperti beras dan sayur mayur.

Warga diminta tidak panik dan tidak berperilaku memborong kebutuhan dasar jelang lebaran karena ketersediaan cukup.

“Kalau warga kecenderungan memborong itu yang justru berdampak kencenderungan pedagang menaikan harga dengan alasan aji mumpung alias pumpung banyak yang beli harga ditinggikan.”pungkasnya.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 10.13
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03