Kadang Hujan Kadang Panas Menyengat Waspada Kasus DBD, 73 Penderita Menyebar di 12 Kecamatan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Maret 12, 2024

GrinduluFM Pacitan - Cuaca ekstrem ditandai dengan hujan deras sebentar lalu panas menyengat menimbulkan genangan dimana mana.

Genangan air jernih merupakan tempat yang disenangi nyamuk aides aygepthy sebagai vector berkembangbiak.

Total untuk Januari, Februari, Maret kasus demam berdarah tercatat 73 pasien, ini menyebar di 12 Kecamatan.

Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Pacitan drg. Nur Farida tak bosan bosan mengingatkan agar warga tidak lengah dan tidak kendur tetap menjaga kebersihan lingkungan melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Genangan air jernih merupakan tempat yang disukai nyamuk aides aygepthy berkembang diperparah dengan perilaku masyarakat yang belum berubah dalam menjaga lingkungan.

Setidaknya dalam kurun waktu dua bulan Januari-Februari kasus DBD di Kabupaten Pacitan masih tinggi ditemukan ada 73 kasus.

Belum lagi awal Maret 2024 dimana hujan deras lalu tiba tiba panas potensi semakin cepat dan banyaknya perkembangbiakan jentik nyamuk.

Pendekatan Dinas Kesehatan dari foging hingga ke penyadaran masyarakat untuk melakukan PSN lewat program partisipasi melakukan PSN mandiri.

Foging bisa dilakukan jika memenuhi beberapa criteria antara lain ditemukan penderita DBD sebanyak 1 atau lebih penderita, kemudian ditemukan jentik lebih dari 5 persen dari rumah atau bangunan yang diperiksa.

“Kita baru akan lakukan foging apabila sesuai kriteria dengan lebih dulu koordinasi dengan desa setempat,”ujarnya.

Jenis penyakit demam berdarah deman dengue dengan ciri ciri penderita diagnosa positif DB, mengalami demam namun trombosit masih bagus, demam berdarah dinyatakan positif DB dan muncul pendarahan seperti bintik-bintik merah atau mimisan, demam berdarah dengue DBD dinyatakan positif DB, ada penurunan trombosit dibawah 100.000 dan ada peningkatan hematokrit serta DSS dimana penderita mengalami kebocoran plasma, demma tinggi dan pad akaku bersuhu dingin.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 14.06
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03