KPU Pacitan Targetkan Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten Rampung Tiga Hari

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Februari 28, 2024

GrinduluFM Pacitan - Setelah pergeseran logistik hasil pleno tingkat kecamatan, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pacitan menggelar pleno rekapitulasi Penghitungan suara hasil Pemilu 2024 di tingkat Kabupaten, Rabu (28/2/2024).

Ketua KPU Kabupaten Pacitan Sulistyorini mengatakan Pleno berlangsung tiga hari, mulai tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2024.

“Saya berharap pleno rekapitulasi berjalan lancar sehingga bisa selesai tiga hari sampai tanggal 1 Maret selesai tidak muncul masalah sehingga tanggal 2 Maret kita bisa serahka ke KPU Provinsi,” ujarnya.

Sulistyorini menjelaskan sejauh ini tahapan pemilu di pacitan sudah berjalan sangat baik dan lancar di seluruh kecamatan sekabupaten pacitan mulai tahapan persiapan perencanaan terakhir rekapitulasi Kecamatan dan berlanjut Kabupaten berjalan baik di 1860 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

KPU menetapkan 472.780 jiwa dalam Daftar Pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024.

Rekapitulasi penghitungan suara tersebut untuk 5 jenis pemilihan umum.

Masing masing PPK akan membuka kotak rekapitulasi hasil kecamatan kemudian membacakan sesuai jenis pemilihan dari kecamatan pertama hingga sampai kecamatan terakhir.

“Diakhir kita melaksanakan rekapitulasi 12 kecamatan sekabupaten pacitan untuk lima jenis pemilihan umum kemudian akan kita tetapkan.” jelasnya.

Pleno rekapitulasi tingkat kecamatan tentu berbeda dengan rekapitulasi tingkat kabupaten. Kalau kecamatan per desa tapi kalau kabupaten per kecamatan.

Agus Haryanto Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Pacitan mengatakan sebelumnya di kecamatan hasil rekapitulasi menemukan adanya kesalahan tulis dalam bentuk dugaan pelanggaran 381 untuk semua jenis pemilu.

Pengawasan Bawaslu tidak hanya pada perolehan suara saja akan tetapi terkait dengan data pemilih. Siapa pemilih berapa orang apakah DPT nya sesuai dengan pengguna. Pemilih jangan sampai lebih atau selisih baik itu laki laki maupun perempuannya, terjadinya kesalahan tulis atau salah hitung, semua bakal dipelototi Bawaslu.

Pada Pleno rekapitulasi tingkat kabupaten, Bawaslu berharap seluruh permasalahan dapat diselesaikan dalam rapat pleno, tujuannya proses rekapitulasi jangka panjang tidak terganggu.

“Kalau ada perbedaan dari hasil rekapitulasi tingkat kecamatan kami sampaikan ke KPU untuk diperbaiki saat selesai rekapitulasi hari ini,”pungkasnya.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 15.06
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03