Zero Kasus, Dinkes Pacitan Galakkan Imunisasi Nasional Polio Anak Umur 0-7 Tahun

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Januari 10, 2024

GrinduluFM Pacitan - Meski Dinas Kesehatan Pacitan sampai saat ini mengklaim zero kasus lumpuh layu akut akibat virus polio yang dilaporkan, Namun tetap bersiap menggalakkan imunisasi Sub PIN polio dan meminta warga melengkapi vaksinasi pada anak untuk mencegah kasus lumpuh layu akut akibat virus polio.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr. Daru Mustikoaji mengklaim tidak ada penyakit akibat virus polio. Cakupan gerakan imunisasi polio yang akan dimulai tanggal 15 hingga 20 Januari 2024 untuk tahap satu. Kemudian sasaran seluruh anak usia 0-7 tahun. Keputusan tersebut diambil menyusul deteksi ditemukan kasus anak yang terjangkit polio di Jawa Timur yaitu Sampang dan Pamekasan serta Klaten Jawa Tengah.

“Alhamdulillah kondisi akhir dan awal tahun tidak ada kenaikan kasus yang signifikan baik terutama dari kasus penyakit menular laporan dari bidang kesehatan dinas kesehatan. Termasuk kasus polio kita zero tidak ada laporan.”katanya.

Sasaran imunisasi polio lanjut Kepala Dinas Kesehatan, semua anak umur 0-7 tahun. Imunisasi polio tersebut gratis tanpa dipungut biaya.

dr. Daru Mustikoaji menuturkan kesiapan vaksin polio sudah disiapkan baik dari segi tenaga medis, logistic maupun pemetaan wilayah sasaran. Terkait pemberian vaksin diberikan sebanyak dua kali.

Kepala Dinas Kesehatan Pacitan dr. Daru Mustikoaji memiliki harapan besar dengan kegiatan imunisasi polio tersebut dapat mencapai tingkat partisipasi semua anak umur 0-7 tahun di Pacitan terlayani. Sehingga anak anak tidak terjangkit penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan akibat virus polio.

“Untuk upaya preventif mohon masyarakat untuk selalu menjaga kebugaran dengan menjaga pola makan, istirahat maupun pola aktifitas fisik sesuai kondisi. Selain yang utama adalah pola kebersihan diri maupun lingkungan.”ujarnya.

Lalu di mana kita bisa mendapatkan layanan imunisasi polio, warga bisa mendatangi tempat pelayanan imunisasi polio diantaranya Posyandu, sekolah mulai tingkat PAUD, TK, SD, MI dan Puskesmas, Pustu, Ponkesdes. Persyaratan untuk bisa ikut gerakan imunisasi polio yang dimulai tanggal 15 Januari 2024 tersebut membawa fotocopy KK.

“Sub PIN polio diberikan melalui oral (mulut) dengan menggunakan jenis vaksin noval Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2).”tutupnya.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 08.30
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03