KPU Pacitan Targetkan Sortir Surat Suara Rampung Tanggal 17 Januari

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Januari 12, 2024

GrinduluFM Pacitan - Logistik Pemilu 2024 yang sudah datang ke KPU Pacitan sekitar 90 persen. Surat suara semuanya sudah datang. Tinggal beberapa jenis yang belum datang dan beberapa formulir.
 
Sortir pelipatan surat suara difokuskan pada satu titik lokasi yaitu di Gudang Bolog Pacitan.

Ketua KPU Kabupaten Pacitan Sulistyorini saat dikonfirmasi mengatakan memang sedang dalam proses distribusi dari rekanan atau penyedia ke KPU Kabupaten.

Sejak tanggal 10 Januari 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan mulai melakukan penyortiran dan pelipatan terhadap pemilihan Presiden wakil presiden dan DPD, DPRRI, DPRD Provinsi dan DPRD. Lipat surat suara tersebut ditargetkan rampung tanggal 17 Januari.

Petugas sortir lipat yang dikerahkan sebanyak 200 orang. Jumlah sortir pemilu 2024 tersebut lebih banyak dibandingkan pemilu sebelumnya. Pihaknya menargetkan semua surat suara selesai tersortir dan dilipat tanggal 17 karena KPU RI batasnya pada tanggal 19 sudah tidak menerima perbaikan.

“Untuk surat suara sudah kita mulai dari tanggal 10 kemarin sampai tanggal 17 untuk sortir dan lipat surat suara. Kemudian setelah itu akan dilakukan seting dan packing seluruh logistik untuk dimasukan kedalam kotak suara.”katanya.

Sementara terkait honor petugas sortir berbeda beda masing masing surat suara. Untuk presiden wakilnya 150 rupiah perlembar. Surat suara DPD 175 rupiah perlembar. Untuk surat suara DPR karena lebih lebar itu 200 rupiah perlembar.

Terkait kerusakan, Ketua KPU Sulistyorini mengklaim sangat sangat minim kerusakan pada logistik Pemilu 2024.

“Saya belum update namun dilihat pada hari pertama itu sangat sangat minim untuk kerusakan.”ungkapnya.

Rusak itu misal sobek, tidak bisa dikenali surat suaranya, kena tinta banyak sehingga tulisan gambar tidak bisa terbaca.

Surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD masing masing sebanyak 483.148 lembar. Adapun untuk kotak suara sejumlah 9324.

Harapan Ketua KPU Pacitan Sulistyorini untuk petugas sortir bekerja dengan baik mematuhi tata tertib yang ada karena surat suara logistik paling penting dalam pelaksanaan pemilu.

“Kita harus ekstra hati-hati dalam mengelola dan kemudian juga cermat dan teliti dalam proses sortir maupun pelipatannya maupun dalam proses penghitungannya karena setelah disortir dilipat ditumpuk dihitung sesuai jumlah tertentu yang akan didistribusi.”harapnya.

Sementara jadwal pendistribusian logistik rencana di minggu pertama Februari dengan alasan masih ada proses distribusi ke PPS dan TPS.

“Satu hari sebelum pemungutan suara tanggal 13 Februari seluruh logistik sudah tiba di masing-masing TPS.”tutupnya.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 16.03
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03