KPU Pacitan Tetapkan 461 DCS Caleg DPRD Untuk Pemilu 2024, 172 Bacaleg Dicoret Karena TMS

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Minggu, Agustus 20, 2023

GrinduluFM Pacitan -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada hari Jumat, 18 Agustus 2023.

DCS tersebut memuat nomor urut partai politik peserta pemilu,nama parpol,tanda gambar,nomor urut calon,foto diri terbaru calon,nama lengkap calon,jenis kelamin dan Desa/Kecamatan tempat tinggal calon.

Selanjutnya pada 19 hingga 28 Agustus 2023 KPU memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan dan tanggapan nya terhadap DCS tersebut.Informasi soal DCS itu resmi KPU Pacitan umumkan di media massa dan media elektronik.

Hal ini diharapkan dapat menjadi ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu 2024 dengan mengetahui rekam jejak caleg yang akan dipilih sebagai wakil rakyat.

“Itu akan kita umumkan selama lima hari dimedia cetak,elektronik dan website kpu.Setelah kami umumkan ini nanti untuk mendapatkan tanggapan masyarakat selama sepuluh hari.Kami persilahkan masyarakat mendengarkan dan membuka pengumuman yang sudha kami umumkan.”kata Agus Susanto Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Pacitan.

Berdasarkan data pencalonan anggota DPRD Pemilu Serentak tahun 2024, semua parpol peserta pemilu yang mendaftarkan ke KPU dapat memenuhi seratus persen dari jumlah kursi pada setiap daerah pemilihan dapil.

Data tersebut juga menyebutkan tentang keterwakilan perempuan. Rekapitulasi daftar calon sementara anggota dprd kabupaten pacitan dari 24 Partai Politik dinyatakan terpenuhi keterwakilan perempuan.

Sementara total daftar calon sementara anggota dprd Kabupaten Pacitan masih didominasi caleg laki laki dari pada perempuan. Ditambahkan Agus Susanto, dari total partai politik peserta pemilu 2024 di Pacitan tidak ada yang mengusung calon anggota dprd penyandang disabilitas.

Rekapitulasi DCS menyebutkan diawal pendaftaran ada 633 bacaleg yang diajukan parpol, setelah pencermatan rancangan DCS tercatat 496.Kemudian setelah verifikasi administrasi dan masuk DCS tercatat 461 orang sehingga ada 172 bacaleg yang dicoret. Mereka yang dicoret tersebut dokumen persyaratan tdak lengkap dan ada yang tidak lakukan perbaikan selama masa perbaikan dokumen yang sudah dijadwalkan.

“Yang di coret itu karena tidak memenuhi syarat sehingga batal nyaleg pemilu 2024. Nanti yang ditetapkan DCT 461 orang."tutupnya.

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 10.07
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03