Hidangan Soto Pacitan Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter Sub 6

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Juli 06, 2023

GrinduluFM Pacitan -Kedatangan jamaah haji Kabupaten Pacitan, Kamis (6/7/2023) di Pendopo Kabupaten Pacitan disambut dengan upacara penyambutan. Pemkab Pacitan memilih soto ayam kampung khas pacitan sebagai hidangan sarapan untuk jamaah haji setibanya di pendopo.

“Sambutan Pemkab ditandai dengan suguhan hidangan soto khas pacitan untuk jamaah yang datang. Setelah jamaah turun dari Bus, silahkan untuk menyantap hidangan soto pacitan yang sudah disiapkan Pemkab.”kata Mutongin Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Pacitan.

Soto pacitan memang pas dipilih sebagai hidangan sarapan pagi rombongan jamaah haji setelah 40 hari berada di Tanah Suci. Apalagi hawa dingin akibat hujan turun selama sepekan, kuah soto panas tentu membuat stamina jamaah semakin sehat dan kembali prima.

Adapun apabila ada sebagian jamaah yang terkena batuk, itu adalah ciri khasnya orang yang baru datang dari berhaji. Ada 1 jamaah haji yang tidak ikut upacara penyambutan kedatangan bersama rombongan di pendopo di karenakan sakit. satu jamaah tersebut langsung dibawa pulang kerumahnya oleh pihak keluarga.

Mutongin menjelaskan, kedatangan jamaah haji Kloter Sub 6 Tersebut juga dilakukan upacara ceremony penyambutan di Pendopo Kabupaten dan ditandai dengan peluk cium sanak keluarga bahkan ada yang saling isak tangis.

Bukan hanya Bupati Indrata Nur Bayuaji beserta istri yang menyambut rombongan haji ini akan tetapi terlihat juga Wakil Bupati Pacitan Gagarin.

Jamaah haji yang berangkat tahun 2023 untuk kloter Sub 6 berjumlah 163 orang dinyatakan dalam keadaan sehat dan ikut pulang kembali bersama rombongan.

“166 orang, 2 tidak jadi berangkat, 1 meninggal di arab Saudi kemudian petugas yang dari pacitan 1 Gus Lukman, kemudian 1 dokter juga ikut pulang hari ini bersama kloter Sub 6 sehingga total yang pulang hari ini ada 166 orang.”jelasnya

Sementara jadwal kedatangan jamaah haji kloter Sub 44 diperkirakan tanggal 22 Juli pukul 08.20 WIB. Kloter Sub 85 di jadwal pulang tanggal 3 agustus Pukul 21.45 WIB.

Meskipun mayoritas pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ini lancar, akan tetapi masih perlu banyak peningkatan lagi terutama terkait kebersamaan dan kekompakan.

“Untuk hari ini memang sudah bagus, kompak, namun masih perlu ditingkatkan lagi kekompakan dan kebersamaan sehingga menjadi lebih baik. Koordinasinya terutama dengan stakeholder harus lebih ditingkatkan lagi.”ujarnya

Harapan Mutongin kepada jamaah haji bisa menindaklanjuti ibadahnya di Mekah setelah menjadi haji mabrur bisa di praktekan dalam kesehariannya. Bagi yang belum haji bisa segera mempersiapkan diri secara fisik mental dan materi sehingga bisa menjadi haji mandiri.

Bagi jamaah haji yang mendfatar tahun ini akan berangkat 34 tahun yang akan datang.

“Bagi yang belum berhaji segera siapkan diri. Sampai saat ini daftar tunggu haji di pacitan sudah mencapai 6 ribu lebih.”pungkasnya.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 13.20
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03