Cuaca Dingin Ditengah Kemarau, Nelayan Tamperan Panen Ikan Semar Melimpah Ruah

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, Juli 29, 2023

GrinduluFM Pacitan -Nelayan pantai tamperan saat ini panen ikan semar, Sabtu (29/7/23). Salah satu nelayan Pantai Tamperan Pacitan Aris (33) mengatakan, hari ini para nelayan mengalami musim panen, khususnya ikan semar. Selain itu ada tangkapan melimpah jenis ikan layur.

“Cuaca dingin mendukung sekali untuk keluarnya ikan semar. Ikan ini munculnya jarang sekali setahun itupun tidak pasti. Sekali tangkap tadi kita dapat 1 hingga 2 ton. tangkapan kami Alhamdulillah banyak. Kebagian panen sedoyo nelayan kecil atau pinggiran.”kata Aris nelayan warga Poko, Sabtu, 29 Juli 2023.

Menjaring ikan sudah dilakoni Aris puluhan tahun. Ia mengungkapkan, ikan semar ini jarang muncul, kalau muncul setahun hanya sekali, kadang tidka muncul. Tapi namanya rezeki, musim dingin tahun ini malah muncul lagi. Cuaca sedang mendukung untuk menangkap ikan bagi nelayan di teluk pantai tamperan pacitan.

“Hasilnya lumayan, membahagiakan. Ini tadi kalau pagi kita jual ke bakul 7 ribu rupiah perkilogramnya. Kalau sudah siang hanya tiga ribu rupiah perkilogramnya.”ungkapnya.

Panen ikan semar oleh nelayan membuat pedagang ikan ikut senang. Umi Hamidah misalnya, menjual ikan semar ke pembeli dengan harga Rp.15.000 per kilogramnya. Sedangkan ikan layur Rp.20 ribu perkilogramnya.

“Ikan semar ini tidak mesti keluar, kadang setahun itu hanya sekali ikan semar keluar. Dua tahun ini baru muncul hari ini, ini tadi. Lamaa...tidak muncul ikan semar. Ikan ini digemari warga, kan ikan langka jarang ada lagi.”ucap Ida dengan nada gembira saking banyaknya ikan.

Ikan semar berbentuk pipih merupakan ikan yang banyak didaratkan di TPI Pelabuhan Tamperan Pacitan. Ikan ini banyak ditangkap karena rasanya yang lezat sehingga memiliki nilai ekonomis tinggi.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 14.46
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03