SILPA APBD Pacitan Tahun 2022 Tembus Rp.175 Milyar Lebih

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Senin, Juni 12, 2023

GrinduluFM Pacitan -Adanya sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) sebesar Rp.175.227.284.712,49 menurut Prabowo salah satu unsur pimpinan dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan terlalu tinggi.

Besaran SILPA tersebut terungkap saat Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 di gedung DPRD saat digelar Rapat Paripurna, Senin(12/6/2023).

“Perlu saya sampaikan bahwa sisa lebih pembayaran anggaran (SILPA) sebesar Rp.175.227.284.712,49. Sebagaian besar merupakan silpa yang peruntukannya dialokasikan kembali sebagaimana ketentuan yang berlaku yaitu sisa dana bantuan operasional sekolah (BOS) sisa KAS di bendahara dana kapitasi JKN, sisa kas di BLUD (RSUD) dan bagi hasil cukai hasil tembakau, bantuan keuangan provinsi, dana alokasi khusus fisik dan dana alokasi khusus non fisik yang terdiri dari dana tunjangan profesi guru pns daerah(TPGPNSD),dana tambahan penghasilan guru PNSD (Tamsil PNSD), dana bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan kesetaraan, dana bantuan operasional penyelenggaraan paud (Bop paud), dana bantuan operasional kesehatan (BOK) dan bantuan operasional keluarga berencana(BOKB) dana peningkatan kapasitas koperasi dan ukm, dana pelayanan kepariwisataan, dana fasilitasi penanaman modal, dan dana ketahanan pangan dan pertanian.”ucap bupati Aji

Prabowo pimpinan sidang paripurna menilai silpa APBD 2022 terlalu tinggi. Padahal jika anggaran dapat dioptimalkan dengan baik realisasinya, tentu akan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dan penurunan jumlah penduduk miskin. Lanjut Prabowo Ini harusnya menjadi cambuk bagi OPD untuk menggenjot lagi serapan anggarannya.

“Kami intinya bahwa nanti perencanaan APBD itu diproyeksikan dengan lebih cepat lagi sehingga SILPA nya itu jangan sampek terlalu besar.Meskipun SILPA itu ada yang tidak diprediksi.contohnya, dana transfer dari pemerintah pusat. Memang itu kita gak bisa, realisasinya ternyata APBN lebih baik.”ujar Prabowo

Menanggapi SILPA APBD 2022 terlalu tinggi,Prabowo dari fraksi Golkar akan melihat, kalau itu disebabkan kegiatan kurang maksimal tentu akan berikan rekomendasi setidaknya maksimalkan kinerjalah untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD, jangan sampai terjadi silpanya terllau tinggi.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Heru Wiwoho mengungkapkan, SILPA ini ada dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan yang terbanyak diketahui dari sisa tender.

“Ya,yang terbanyak itu dari sisa tender.”ungkap Heru Wiwoho

Pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022 di laporkan Bupati Aji secara rinci, pendapatan daerah sebesar Rp 1 Triliun lebih, Belanja dana transfer Rp. 1 Triliun lebih. Pembiayaan terdiri dari penerimaan pembiayaan Rp.181 miliar lebih sekian, pengeluaran pembiayaan Rp. nol rupiah atau 0,00%.

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 14.56
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03