Mendadak, Pacitan Dapat Kuota Haji Tambahan ‘Diperebutkan’ 7 Orang

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Juni 16, 2023

GrinduluFM Pacitan -Setelah memberangkatkan awal 164 calon jamaah haji kemudian menyusul jadwal kedua memberangkatkan 59 calon jamaah haji, masih menyisakan 12 calon jamaah haji yang saat ini tinggal menunggu diberangkatkan. Kini Kabupaten Pacitan kembali mendapatkan tambahan kuota di istilahkan sebagai kuota tambahan perebutan sebanyak 7 orang.

“12 orang itu sampai sekarang belum jelas kapan berangkat. InsyaAllah semuanya berangkat itu harapanya begitu.Kemudian tadi malam itu setelah kami lakukan zoom ada informasi kita mendapatkan kuota tambahan kita istilahkan itu kuota diperebutkan. Diperebutkan itu bagi pendaftar haji yang daftar minimal lebih dari 5 tahun dan sudah melunasi kemudian belum pernah haji. selanjutnya kami melangkah namanya waktu mepet. Kita di batasi sampai jam 20.30 WIB sudah harus menyampaikan usulan ke Kemenag Pusat, kita marathon bersama temen temen akhrinya kita bisa mengusulkan 7 org calon jamaah haji. Tujuh orang itu sudah proses pelunasan kemudian sekarang mengurus paspor ke Ponorogo.”ucap Mutongin Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementrian Agama Pacitan saat dihubungi,Jumat(16/6/2023).

Dilanjutkan Mutongin, dari 7 orang masuk tambahan diperebutkan tersebut sampai hari ini belum ada penetapan dari Pusat. Pasalnya,untuk pelunasan masih dibatasi hingga jam 15.00 WIB. Biasanya, menunggu batas waktu pelunasan, maka penetapan baru bisa disampaikan. Dari kuota 7 orang dalam tambahan perebutan itu sudah melaporkan mundur satu orang karena ingin berangkat bersama sama dengan suaminya sehingga menyatakan tidak melunasi.

“Pemberangkatan terakhir calon jamaah haji jawa timur tanggal 22 juni 2023, tapi kita tidak tahu apa pada saat itu atau menambah hari lagi. Karena informasinya Jawa Timur ada tambahan lagi 4 kloter. Kemungkinan setelah tanggal 22 berangkat.”lanjutnya

Sementara untuk kuota cadangan 12 orang sampai saat inipun masih harap harap menunggu jadwal diberangkatkan.

“Yang 12 kemaren belum tahu masuk kloter berapa, tapi sudah dapat penetapan, beliau beliau ini masih menunggu kabar dari kemenag pacitan. Ke 12 orang ini tinggal menunggu koper datang dan jadwal berangkat.”ungkapnya

Sedangkan 7 orang masuk tambahan perebutan ini masih menunggu adanya penetapan. Penetapan itu merupakan kewenangan Pusat.

“Untuk yang 7 orang tambahan diperebutkan ini kalau belum ada penetapan, kita belum bisa matur, berangkat atau tidak.”imbuhnya Sementara untuk kondisi calon jamaah haji 223 orang yang saat ini sudah berada di Tanah Suci dikabarkan dalam kondisi sehat meskipun suhu panas mencapai 43 Derajat Celcius.

“Baru saja saya terima informasi jamaah haji pacitan semua sehat secara umum seperti itu, walaupun saat ini cuaca panas, suhu capai 43 Derajat Celsius.”pungkasnya

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 16.35
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03