Krisis Staf ASN Dialami Sejumlah Dinas, Pejabat Eselon II Pensiun Hampir Bersamaan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Juni 07, 2023

GrinduluFM Pacitan -Pemberlakuan moratorium penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) dan banyak yang masuk masa pensiun berdampak serius bagi roda pemerintahan di lingkup Pemkab Pacitan. Krisis staf ASN itu terjadi hampir diseluruh organisasi perangkat daerah (OPD) disemua jenjang. Selain pada tingkat eselon 2 juga terjadi ditingkat eselon IIIa.

Dikatakan Rudi Haryanto Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah, jumlah PNS terus menyusut sejak 10 tahun terakhir, dengan adanya moratorium.

“Setiap tahun terdapat ratusan pegawai negeri sipil yang pensiun. Belum lagi ada yang meninggal dunia. Saat ini kita justru kekurangan di staff pns.”katanya

Jumlah pegawai negeri sipil di lingkup pemkab pacitan sesuai data BKPPD Pacitan per Juni 2023 tinggal 7026 orang. Sementara terkait kuota CPNS pacitan juga belum jelas.

“Tahun ini yang sudah jelas terkait penerimaan P3K, kita dapat formasi sekitar 500.”ujar Rudi

Ditambahkan Rudi Haryanto, berkurangnya jumlah staf ASN ini salah satunya karena jumlah yang pensiun dan perekrutan tidak imbang. Meski tidak signifikan dampaknya pada jalannya roda pemerintahan, akan tetapi dari kecepatan pekerjaan memang sangat terasa.

“Kalau staf kurang, ya jelas kecepatan pekerjaan juga ikut berkurang.”imbuhnya

Sementara terkait pengisian jabatan eselon II yang masih kosong, lanjut Rudi, saat ini sudah tahap pendaftaran. Diperkirakan semua tahapan akan selesai hingga akhir Juli sehingga pertengahan Agustus 2023 sudah mulai bisa pengisian jabatan kepala dinas yang kosong tersebut.

“Ada 5 organisasi perangkat daerah (OPD) yang kosong saat ini, yaitu Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian, Dinas Perdagangan dan Ketenagakerjaan, Kominfo, Dinas Kesehatan dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.”pungkasnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 11.13
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03