Upaya Antisipasi Ledakan Pemudik, BPBD Gelar Simulasi Penyelamatan Laka Laut dan Tsunami

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, April 19, 2023

GrinduluFM Pacitan -Seperti di gembor gemborkan Pemerintah, Lebaran 2023 di prediksi bakal terjadi ledakan pemudik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan merefresh atau mengatur ulang kesiapsiagaan di masyarakat antisipasi terjadinya tsunami, antisipasi kecelakaan laut dan kecelakaan sungai.

Kepala BPBD Pacitan Erwin Adriatmoko di sela sela simulasi yang di laksanakan di Pelabuhan Tamperan, Selasa (18/4/2023) mengatakan frekuensi kecelakaan laut masih menempati urutan kedua kerawanan bencana setelah banjir longsor di pacitan. Yang terpenting simulasi ini bagaimana masyarakat bertambah paham harus bagaimana dan apa yang dilakukan jika terjadi bencana alam saat berada di pesisir laut.

“Karena dari Pusat sudah menginformasikan ada ledakan pemudik pada libur lebaran 2023, kita merefresh kesiapsiagaan di masyarakat karena ini bagi kami bisa menjadi sebuah kebiasaan di masyarakat akan pentingnya paham antisipasi tsunami, maka dari itu kegiatan seperti itu rutin di masyarakat agar benar benar paham. Jika terjadi kecelakaan laut maka personil gabungan kita siap.”katanya

Seperti diketahui, kawasan wisata alam seperti wisata laut di pacitan tidak dipungkiri masih menjadi primadona bagi pengunjung wisata.

Memilki peranan sentral Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) merupakan garda terdepan terkait kondisi apapun yang terjadi khususnya kebencanaan yang ada di Pacitan, baik itu bencana alam maupun bencana laka laut.

“Memberikan pertolongan pada saat terjadi kecelakaan bukan merupakan hal yang mudah, sehingga perlu dilatih terus menerus.”lanjutnya

Simulasi kebencanaan terutama tsunami semoga tidak sekedar rutinitas saja akan tetapi merupakan persiapan personil maupun masyarakat sendiri dalam kesiapsiagaan.

BPBD mengklaim sudah memberikan pemberitahuan baik secara lisan maupun surat tertulis ke pemerintahan Desa maupun biro perjalanan.

Pacitan sebagai daerah rawan bencana semua orang sudah pada tahu, namun setidaknya dengan penekanan kesiapsiagaan personil, masyarakat akan lebih merasa aman.

“Prinsip yang menurut saya, paling penting adalah sikap tidak panik saat terjadi bencana.”imbuhnya

Untuk upaya kesiapsiagaan terjadinya bencana saat libur lebaran 2023, BPBD juga menambah personil di Pusdalops bertugas untuk keliling ke kewasan kawasan wisata.

“Kalau Pos induk BPBD, kita dirikan di teleng.”pungkasnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 08.00
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03