Tiga Hari Jelang Lebaran, Kapasitas Tampung Kontainer Sampah di TPS Over Load

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, April 20, 2023

GrinduluFM Pacitan -Lebaran kurang tiga hari, namun tumpukan sampah sudah over load alias melebihi kapasitas.

Kapasitas tampung kontainer sampah di TPS TPS kondisinya melebihi kapasitas tampung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pacitan Cicik Raudlatul Jannah mengatakan biasanya petugas gerobag sampah dari lingkungan sehari hanya 1 kali buang, namun mulai tiga hari jelang lebaran kali ini buang sampai 2-3 kali.

“Kontainer yang sudah kami ambil dan kosongkan dalam 3 jam sudah penuh kembali.”katanya

Penyebab tumpukan sampah di TPS melebihi kapasitas tampung dimungkinkan karena sudah banyak keluarga yang datang sehingga sampah bekas kemasan makanan minuman makin banyak. Kemungkinan juga masaknya juga makin banyak, sebab sampah sisa makanan juga berlimpah.”ungkapnya

Cicik menambahkan karena sebentar lagi lebaran warga mulai bersih bersih rumah sehingga barang barang yang lama sudah tidak layak pakai dibuang.

Meskipun cuti bersama, petugas kebersihan dari DLH tetap menjalankan tugas menyapu jalan, menyapu taman, mengangkut sampah dan tugas tugas rutin lain.

“Jadi jika kebetulan lewat di TPS sampahnya menumpuk di luar kontainer, bukan karena kami tidak ambil sampah, tapi karena banyaknya sampah yang dibuang sehingga setelah kontainer kosong kami tempatkan, sesudahnya kiriman sampah dari warga terus mengalir.”imbuhnya

Tidak berlebihan dengan kondisi diluar prediksi tumpukan sampah berlimpah tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup membuat edaran surat himbauan untuk warga meminimalisir sampah mulai dari rumah.

“Lebaran ini kami ajak minim sampah.”lanjutnya

Surat edaran tersebut ditujukan kepada Panitia Sholat Idul Fitri 1444 H/2023 M agar menyebarkan surat himbauan kepada seluruh jamaah untuk tidak meninggalkan sampah ditempat sholat dengan membawa pulang kembali alas sholat atau membuangnya ditempat sampah.

“Nyuwun tulung kepada Bapak/Ibu semuanya untuk bisa meneruskan ke panitia sholat Ied di lingkungannya masing masing. Maturnuwun.., saya harap lebaran minim sampah, untuk Pacitan BISA (Bersih Indah Sehat dan Asri).”pungkasnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 13.10
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03