Puluhan Kelompok Tani di Pacitan Difasilitasi Alsintan/Alsinbun Dari Dana DBH-CHT TA 2022

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Desember 15, 2022

GrinduluFM Pacitan -Sebanyak 31 kelompok tani di Kabupaten Pacitan menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dan alat mesin perkebunan (Alsinbun).

Penyerahan secara simbolis oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan, Kamis(15/12/22).

Sesuai data Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan sebanyak 46 unit alat mesin pertanian yang dibantukan kepada kelompok tani dari APBD II yang bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau senilai Rp.2.643.444.400 (Dua Milyar Enam Ratus Empat Puluh Tiga Juta Empat Ratus Empat Puluh Empat Ribu Empat Ratus Rupiah).

Sedangkan dari APBD I fasilitas alat mesin pertanian yang dibantukan berupa Hands Traktor 1 unit, Cultivator 3 unit. Bila dinominalkan nilanya mencapai Rp.120juta rupiah.

“Untuk mendukung kegiatan mengefektipkan pengelolaan lahan segala jenis komoditas khususnya perkebunan diserahkan alat mesin pertanian dan alat mesin perkebunan.”kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan Joko Rinanto

Bupati Indrata Nur Bayuaji meminta bantuan alat mesin pertanian dan alat mesin perkebunan digunakan sebagaimana mestinya dan dimonitoring secara berkala agar tepat guna.

“Alat ini saya harapkan untuk dipastikan tersalurkan dengan baik kepada penerima, dan dipastikan tidak terjadi bantuan dobel agar merata. Kepada penerima saya mengharapkan betul alat ini bisa bermanfaat dan menjaganya sebaik mungkin.”kata Bupati Aji

Berikut rincian bantuan alat pertanian dan alat perkebunan dari APBD II bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau mulai Januari hingga Desember 2022 dengan rincian 12 unit Cultivator, 18 unit mesin diesel pompa air dan 16 unit tendon air.

Sedangkan dari APBD I bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau Provinsi Jawa Timur, kelompok tani di Pacitan mendapatkan bantuan alat pertanian berupa 1 unit hands traktor dan 3 unit cultivator.

Editor: Asri

Blog, Updated at: 14.05
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03