Giat Sholawat On The Road, Cara Sat Samapta Polres Pacitan Ajak Warga Hidupkan Kembali Poskamling

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, Desember 03, 2022

GrinduluFM Pacitan -Tidak ingin munculnya kriminalitas ditengah tengah masyarakat Pacitan mendekati akhir tahun 2022 dan tahun baru 2023, Polres Pacitan dalam hal ini Sat Samapta Polda Jawa Timur mengajak masyarakat Pacitan untuk kembali menghidupkan poskamling di lingkungannya masing masing. Hal ini untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat.

Tidak dipungkiri, selama beberapa tahun terakhir ini ronda malam di poskamling di setiap Desa di Kabupaten Pacitan memang semakin jarang yang aktip.

Untuk bisa diterima masyarakat, ajakan hidupkan kembali poskamling, Sat Samapta Polres Pacitan memilih dengan cara unik yang bisa diterima semua kalangan masyarakat yakni dengan bersholawat.

Seperti yang dilakukan di poskamling Rt 02/Rw 03 Dusun Krajan Desa Semanten Kecamatan Pacitan, Jumat (2/12/2022) malam.

Kasat Samapta Polres Pacitan AKP Sukinto Herman mengatakan, kegiatan tersebut dinamakan Sholawat On The Road. Di Samapta sendiri terdapat sebuah satuan tugas, yaitu unit pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli atau turjawali, salahsatunya adalah patroli dialogis di pos kamling.

“Sambil ronda, juga bersholawat. Semoga situasi lingkungan warga dan wilayah Pacitan umumnya semakin kondusif.”katanya

Masih menurut AKP Herman, melalui cara tersebut dinilai menjadi sarana komunikasi efektif untuk mencegah terhadap terjadinya kejahatan dilingkungan. Warga bisa berkeliling ronda sambil bersholawat agar situasinya adem ayem dan tentram.

“Sholawat ini sangat bisa diterima di Pacitan karena mayoritas beragama islam dan ini perdana kita lakukan di Rt.02/Rw03 Desa Semanten, renana kedepan kami keliling dari satu Desa ke Desa lain, melihat situasi dan kondisi.”terangnya

AKP Herman lebih lanjut menjelaskan giat patroli dialogis tersebut akan lebih masif dilaksanakan terutamanya di titik rawan kriminalitas, bencana, jalur protokol dan perbatasan untuk menghidupkan ronda malam di poskamling.

“Jadi kejahatan terjadi karena ada niat dan kesempatan. Kita tingkatkan ronda dilingkungan masing masing tidak lain untuk menekan angka kriminalitas.”jelas AKP Herman

Sementata Kades Semanten Muhammad Sarifudin Hidayat menuturkan, dengan ada giat patroli dialogis sholawat on the road sat samapta warga masyarakat lebih merasa aman dan nyaman saat malam hari. Untuk itu warga Semanten siap mendukung penuh dan melanjutkan ronda malam di poskamling dengan harapan warga nya menjadi sadar hukum, kamtibmas dan kamseltibcarlantas di wilayahnya aman.

“Terimakasih Sat Samapta Polres Pacitan dan jajarannya,” tutur Sarifudin

Editor: Asri

Blog, Updated at: 15.55
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03