Akibat Cuaca Buruk Kapal Tongkang Terdampar di Pancer

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Senin, Juni 27, 2022

GrinduluFM Pacitan -Cuaca buruk yang melanda laut jawa menyebabkan sebuah kapal tongkang terdampar di pancer dor. Surutnya air dan karang karang di sekeliling pantai membuat tongkang belum bisa dievakuasi.

Sudah tiga hari sejak Sabtu sore(25/6/22) kapal tongkang bertuliskan Trans Power 216 tersebut terdampar di tepian pantai pancer dor. Tidak hanya tongkang nya saja yang terdampar akan tetapi kapal boat yang menariknya pun juga ikut terseret ombak hingga ketepian pantai pancer dor.

Salah satu ABK Kapal saat ditemui grindulufm mengatakan, kapal terpaksa harus berlindung karena gelombang dan arus sangat kuat. Kapal tongkang Trans Power 216 tersebut bermuatan 7 ribu ton batu bara dari Kalimantan ke Cilacap. Namun saat kapal hendak kembali lagi ke kalimantan saat berada di tengah tengah lautan ombak tinggi disertai angin kencang sehingga ABK memilih untuk berlindung hingga ke tepian pantai pancer dor. Setelah cuaca membaik dan kapal berhasil dievakuasi, rencana akan melanjutkan perjalanan kembali ke kalimantan.

“Gelombang disertai angin dan juga arusnya kuat, kita perjalanan dari cilacap ke kalimantan tiba tiba anginnya kenceng, ombaknya kuat, pilihan kita berlindung.”kata ABK kapal berseragam biru tersebut

Sementara sampai Senin (27/6/22) kapal tongkang tersebut masih tampak berada di tepian pantai pancer dor. Di tambahkan ABK, kapal Trans Power selama ini belum pernah terdampar. Baru kali ini kapalnya terdampar. Sedangkan untuk evakuasi kapal lanjut ABK tersebut masih menunggu bantuan datang.

“Saat ini kita masih komunikasi dengan pihak kantor untuk meminta bantuan evakuasi.”tambahnya

Teluk pacitan memang sering menjadi tempat berlindungnya kapal tongkang saat cuaca buruk. Kebanyakan kapal terdampar di teluk pacitan dari cilacap arah bali.

Menurut warga, kapal itu sebelumnya tampak masih dikejauhan ditengah tengah lautan terombang ambing ombak, tapi sekitar Sabtu sore sudah berada di tepian pantai pancer dor.

“Sabtu itu anginnya kencang, cuaca mendung dan gelombang tinggi, waktu sabtu siang masih tampak jauh kapal ini, tapi sekarang sudah di sini, ditepian pantai.”katanya

Surutnya air dan karang disekeliling pantai menjadi salah satu penyebab proses evakuasi agak sulit di lakukan. Meskipun sering ada kapal tongkang terdampar, namun terdamparnya kapal tongkang trans power di teluk pacitan tepatnya di tepian pantai pancer dor justru menjadi tontonan warga yang penasaran.

Sejak Sabtu sore (25/6/22) kapal terdampar, warga sekitar berdatangan ke pantai pancer dor hanya untuk melihat fisik kapal tongkang tersebut. Ada juga yang berselfie dan mengabadikan momen tersebut lewat HP. Dampak adanya kapal tongkang terdampar tersebut ikut menambah lonjakan pengunjung ke pancer dor selama libur akhir pekan.

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 14.36
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03