Harapan Bupati Aji: Perempuan Pacitan Harus Punya Kemauan Menangkap Peluang Akses

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, April 21, 2022

GrinduluFM Pacitan - Keterpurukan perempuan dalam aneka aspek masih menjadi kisah ’klasik’ yang selalu mewarnai kehidupan sehari hari. Akan tetapi sering dengan kesadaran perempuan sendiri kalau ‘nasibnya’ hanya akan berubah bila dirinya mulai bersikap dan keterbukaan laki-laki untuk mau mengakui eksistensi perempuan maka kisah ‘klasik’ itu suatu ketika diharapkan akan berubah alur. Apalagi sekarang pemerintah membuka seluas-luasnya para perempuan untuk berpartisipasi terutama di bidang pembangunan.

“Tinggal harapan saya bagi para perempuan khusus perempuan di pacitan mempunyai kesiapan kemauan menangkap hal tersebut. Itu saja.”kata Bupati Indrata Nur bayuaji usai menghadiri acara Hari Kartini di Gedung Karya Dharma, Rabu(20/4/22)

Untuk diketahui, selama ini keberpihakan negara memang hanya di tingkat akses untuk perempuan. Tidak heran jika masih ada suasana yang terjadi dalam pemikiran pemerintah daerah setiap memasuki Bulan April. Mulai dari peringatan dengan mengadakan lomba menyusun menu, lomba mirip wajah kartini dan sekedar merayakan dengan kebaya dan sanggul. Namun kini sedikit sudah bergeser ke munculnya kegiatan diskusi mengenai peran dan pemberdayaan perempuan.

Nampaknya kalau emansipasi perempuan sekedar dimaknai mendapatkan kesempatan pendidikan yang sama, mungkin sudah tidak perlu tuntutan lagi. Sebab masa kini, tidak sedikit peraih nilai tertinggi dalam pendidikan didominasi perempuan. Yang jadi pertanyaan, ketika pendidikan sudah setara dan sederet pejabat tinggi pemerintahan adalah perempuan, adakah perempuan perempuan sekarang sudah terbebas dari belenggu belenggu yang melingkupi?

Kegiatan peringatan hari kartini ke-143 tahun 2022 Kabupaten Pacitan, Efi Suraningsih isteri orang nomer 1 di pacitan dalam sambutannya mengatakan tema hari kartini ke-143 mengajak dengan semangat kartini kita tingkatkan pemberdayaan kaum perempuan. salah satu peran yang diharapkan efi Indrata adalah peran perempuan dalam membantu pembangunan daerah.

“Perjuangan RA Kartini yang pantang menyerah memberi pengaruh besar bagi nasib perempuan. Tetaplah berkontribusi kepada negara tanpa menanggalkan kodrat sebagai wanita.”sambutnya

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 11.52
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03