Warga Diminta Siap, Harga Daging dan Kedelai Potensi Naik Jelang Ramadhan dan Lebaran

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Maret 01, 2022

GrinduluFM Pacitan - Ramadhan atau bulan puasa masih satu bulan lagi yakni bulan April 2022, sedangkan Lebaran sesuai jadwal kalender di awal bulan Mei. Namun kabar yang tidak menggembirakan lagi lagi harus didengar masyarakat khusus pecinta makanan berbahan kedelai dan berbahan daging. Betapa tidak, kedua komoditas tersebut digembor-gemborkan bakal naik harganya.

Lutfi Azza Azizah Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Pacitan mengatakan, untuk Dinas Perdagangan di seluruh Jawa Timur sudah dikumpulkan oleh Kementrian Perdagangan agar berkomunikasi dengan warga di daerahnya masing masing memberitahukan jelang hari besar puasa dan lebaran 2022 harga daging sapi dan kedelai berpotensi naik.

“Antisipasi hari besar keagamaan puasa dan lebaran, ini ada potensi harga kedelai dana daging sapi akan naik. Kita diminta untuk komunikasi dengan masyarakat terkait kenaikan harga daging dan kedelai itu.”katanya

Ditambahkan Lutfi, meskipun harga kedelai dan harga daging naik jelang puasa dan lebaran, namun diharapkan stok tidak sulit dicari. Pasokan kedelai Indonesia itu 90 persen import dan kebanyakan omport dari Amerika.

“Import dari negara lain kualitas kedelainya tidak bisa dijadikan tahu tempe. Sementara pasokan import kedelai terhambat cuaca di amerika yang buruk tidak panen dan itu sangat berdampak pada kita.”tambahnya

Kementrian juga menyarankan komunikasi dengan masyarakat terkait potensi harga kedelai dan daging naik. Jauh hari diminta dikomunikasikan dengan warga agar tidak muncul gejolak. Daging sapi untuk daging beku pasokan juga berkurang, daging lokal kalau tidak ditahan dengan daging beku import itu akan naik harganya.

“Untuk antisipasi gejolak, Kementrian Perdagangan diminta menstabilkan harga daging pada saat ramadhan dan lebaran dengan harga Rp.135.000 per kilogramnya.”ungkap Lutfi

Sementara sesuai kondisi di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Pacitan belum masuk bulan Ramadhan saja sudah ada yang harganya melonjak kenaikannya, yaitu keluarga cabe, mulai dari cabe rawit, cabe hijau sampai cabe besar semua naik sejak tiga hari lalu.

Sudah bisa ditebak warga, di saat hari hari besar keagamaan terutamanya Ramadhan dan Lebaran, hampir mayoritas bahan kebutuhan pokok naik.

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 14.03
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03