Musrenbang RKPD Tahun 2023, Pemkab Pacitan Tampung 3698 Usulan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Maret 29, 2022

GrinduluFM Pacitan - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pacitan mencatat ada 3698 usulan masyarakat pacitan telah ditampung dalam penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Heru Sukresna Kepala Bappeda Kabupaten Pacitan menjelaskan, rancangan rkpd 2023 sudah diamankan di perda RPJMD. Untuk tahun kedua sudah jelas. Sedangkan usulan tersebut masih akan diklasifikasi, mana yang menjadi perioritas rencana kerja (Organisasi Perangkat Daerah) yang bisa seiring dengan visi misi bupati.

“Usulan yang dari bawah dan diverifikasi oleh teman teman OPD itu ada 3698 semuanya sudah by aplikasi SIPD, sudah masuk dalam sistem. Bahkan kalau kita cek lagi sudah by koordinat.”kata Heru Sukresna saat diwawancarai usai pembukaan musrenbang Selasa(29/3/22) di Gedung Karya Dharma.

Sementara jumlah usulan itu belum semua akan diakomodir sebab masih akan diseleksi mana yang perioritas. Bappeda saat ini belum bisa menyampaikan berapa yang akan diakomodir karena dalam RKPD awal ini semua usulan Renja OPD diusulkan, setelah itu baru akan jadi RKP final.

“Usulan masyarakat dalam musrenbang jauh banyak dibanding dengan kemampuan anggaran yang daerah miliki sangat terbatas.”tambahnya

Dalam Musrenbang RKPD 2023 Ketua DPRD Kabupaten Pacitan Roni Wahyono menyampaikan semua pokok pokok strategis yang mendesak dari rekomendasi masing masing Komisi di DPRD adalah koordinasi dan komunikasi di semua pihak. Sehingga musrenbang ini tidak hanya sebatas formalitas saja.

“Sehingga harapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dari hasil musrenbang bisa mengakomodir seluruh harapan kelompok masyarakat Pacitan, meskipun saya tahu semua itu terbatas oleh kekuatan keuangan daerah.”katanya

Ditambahkan Roni, dalam musrenbang agar tidak mengecewakan, minimal satu item usulan bisa terkaver, jangan sampai ada yang tidak terkaver sama sekali sehingga bisa menimbulkan rasa kecewa dari Kepala Desa.

“Merasa sudah melakukan musrenbangdes ternyata tidak nyanthol hasilnya sama sekali di Musrenbang Kabupaten. Kalau bisa saya minta ini adil dan merata. Adil itu kan tidak harus sama.”tambahnya

Sementara dalam kesempatan yang sama Sekda Heru Wiwoho mengungkapkan, musrenbang RKPD 2023, pemkab akan fokus ke infrastruktur. Heru melanjutkan, dua tahun kondisi Pandemi Covid-19 sempat mengakibatkan beberapa kegiatan tertunda. Untuk itu perekonomian harus dipulihkan terutama melalui infrastruktur.

“Infrastruktur ini diharapkan bisa menyerap tenaga kerja juga. Sehingga mudah mudahan ekonomi di pacitan bisa tumbuh nanti.”ungkapnya

Diketahui, tema pembangunan daerah kabupaten pacitan tahun 2023 “membangun ekosistem produktif, perluasan pasar dan pemulihan sarana dan prasarana sosial.”

Adapun perioritas pembangunan daerah salah satu di antaranya, peningkatan konektivitas antar wilayah dan kualitas jalan poros desa.

“Kita tidak akan mengubah perioritas. Jalan perbatasan maupun jalan poros desa menjadi perioritas dengan harapan kita bangga dengan kabupaten sendiri, jangan smapai kita dibawah kabupaten lain soal infrastruktur perbatasan ini.”pungkas Heru Sukresna Kepala Bappeda Pacitan.

Editor : Asri N

Blog, Updated at: 15.19
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03