Akses Jalan Masuk Pelabuhan Gelon Tuntas Dibantu Provinsi, Kini Pemkab Pacitan Fokus Selesaikan Penyerahan Aset Lahan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Maret 10, 2022

GrinduluFM Pacitan - Setelah 11 tahun hanya berkutat di persoalan akses jalan masuk pelabuhan gelon, sekarang persoalan itu terselesaikan berkat Provinsi Jatim cawe cawe ikut sentor anggaran buat membangun jalan masuk sepanjang 3,1 kilometer melalui anggaran perubahan 2022 dan di induk 2023.

Harapan Wakil Bupati Pacitan Gagarin, jalan menuju ke pelabuhan itu bisa terselesaikan walaupun lewat anggaran multi years atau persetujuan Kontrak Tahun Jamak, kontrak yang pelaksanaan pekerjaannya membebani dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi.

Sedangkan sekarang ini sudah dalam perkembangan untuk titik pelabuhannya sendiri yaitu mengenai pelimpahan aset kepada Kementrian Perhubungan. Kurang lebih 10 tahun hanya berkutat di persoalan pelimpahan aset dari daerah ke Pemerintah Pusat.

“Kemarin dari Kementrian Perhubungan sudah menyanggupkan diri dan akan tindak lanjuti, karena Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) draf sudah kita susun. Itu kendalanya memang di situ itu di pelimpahan aset. Sepuluh tahun hanya berkutat dipersoalan itu.”kata Wabup Pacitan Gagarin saat dikonfirmasi Kamis (10/3/22) di Pendopo Kabupaten

Untuk diketahui, pelabuhan gelon memang sangat digadang-gadang bakal menjadi pemicu ekonomi di selatan jawa yang imbasnya tentu berdampak positip bagi Pacitan.

Sementara terkait progres pembangunan titik pelabuhannya lanjut Gagarin bisa lebih cepat setelah pelimpahan hibah terselesaikan. Karena menurutnya, itu menjadi dasar untuk meneruskan pembangunan pelabuhan.

“Kita targetkan itu bisa terselesaikan akhir tahun ini. Harapanya, tahun 2023 sudah bisa dibangun titik pelabuhannya. Harapanya gitu.” lanjutnya

Gagarin menambahkan, terselesaikan di ruas jalan masuk pelabuhan itu saja sudah suatu capaian yang bagus. Jika melihat 11 tahun progres pembangunan mandeg gegara terkendala akses jalan masuk.

“Dan nanti saya yakin, kalau lihat potensi, yang ada kementrianpun setelah jalan jadi akan berpikir mungkin lebih progresif untuk menyelesaikan pelabuhan gelon.”pungkasnya 

Editor: Asri

Blog, Updated at: 15.30
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03