TNI AU Iswahyudi Cek Lokasi Dibangunnya Satuan Radar Baru di Pacitan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Februari 03, 2022

GrinduluFM Pacitan - TNI Angkatan Udara Iswahyudi Madiun turun langsung cek lokasi di mana akan dibangunnya satuan radar baru di Pacitan. Cek lokasi di Dusun Gesingan Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan, Kamis,(03/02/2022) dipimpin langsung Komandan Lapangan Udara Iswahyudi Kolonel Pnb M Untung Suropati.

Kolonel Pnb Untung Suropati mengatakan, TNI AU berencana akan membangun satuan radar baru di Pacitan untuk mendukung pengamanan wilayah udara.

“Kita akan melihat secara langsung apakah tempat yang sudah ditentukan itu cocok untuk dilakukan pembangunan satuan radar yang tentunya sedikit meningkatkan pengaruh dari Kabupaten Pacitan itu sendiri.”kata Kolonel Pnb Untung.

Cek lokasi kali kedua ini untuk memastikan sebelum Mabes TNI AU berencana hadir di Kabupaten Pacitan dengan adanya rencana pembangunan satuan radar baru di Dusun Gesingan Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan.

Komandan Lapangan Udara Iswahyudi masih merahasiakan jenis radar apa yang akan dipasang baru di Pacitan, harapannya kemampuan satuan radar baru di Pacitan ini akan mampu meningkatkan pengawasan pesawat sipil dan pesawat militer.

Untung menjelaskan, dari sisi pertahanan wilayah melalui udara, satuan radar sangat dibutuhkan. Karena Lanud Iswahyudi berada di Madiun, itu membutuhkan pengamanan, salah satunya dibangun satuan radar yang akan mengetahui secara pasti apabila ada ancaman, khususnya yang datang dari wilayah selatan.

“Pemilihan Dusun Gesingan Desa Dadapan sebenarnya melalui proses kajian cukup lama dan Kementrian Pertahanan membutuhkan banyak satuan radar yang dapat dimanfaatkan untuk mengamankan wilayah udara nasional. Penentuan kenapa dipilihkan Pacitan tempat dibangunnya satuan radar itu, karena untuk menjaga wilayah di batas terluar, otomatis akan jauh lebih aman apabila kemudian ada ancaman yang akan masuk ke wilayah kita khususnya dari wilayah selatan.”jelas Kolonel Pnb Untung

Setelah terbangunnya satuan radar tersebut, akan disesuaikan untuk dibangun rambu-rambu sesuai tugas fungsi. Sebelum satuan radar baru di Desa Gesingan Kabupaten Pacitan dimulai, Komandan Lanud Iswahyudi sowan ke Bupati Pacitan Indrata Bayuaji untuk menyampaikan izin perdana pembangunan.

“Kami Sowan ke Bupati sampaikan izin dan kami dapat dukungan dari beliau. Apabila benar-benar pacitan ditunjuk sebagai lokasi pembangunan satuan radar yang baru dari TNI AU. Dengan dibangunnya satuan radar baru di Pacitan ini nanti membuat pengawasan wilayah udara akan lebih maksimal.”jelasnya

Sementara Indrata Nur Bayuaji Bupati Pacitan menyambut baik kedatangan Komandan Lapangan Udara Iswahyudi ke Kantor Bupati untuk kulonuwun dengan rencana membangun satuan radar di Dusun Gesingan. Karena merupakan upaya membangun Pacitan.

“Mengembangkan Pacitan itu bisa dari mana saja, salah satunya juga keterlibatan dari TNI AU dan TNI AD juga. Kita butuh berkolaborasi dalam pembangunan wilayah Pacitan. Termasuk rencana pembangunan Pos Angkatan Laut di Desa Kembang jalan masuk ke Pelabuhan Gelon itu juga kita mendapatkan efek positifnya, bahkan kalau saya berkeinginan, itu tipenya bisa lebih besar lagi, dan itu akan berimbas pada peningkatan perekonomian di Pacitan.”tutup Indrata.

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 16.52
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03