Akhir Tahun, Bupati Resmikan 14 Proyek Fisik Senilai Ratusan Miliar

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Desember 28, 2021

GrinduluFM Pacitan - Selasa (28/12/2021) Indrata Nur Bayuaji Bupati Pacitan secara khusus meresmikan semua proyek yang dibangun menggunakan anggaran APBD 2021 dan bantuan Pemerintah Pusat.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini kita bisa merealisasikan ada 14 proyek yang besar ya, kalau ditulis demikian kelihatan banyak tapi sebenarnya juga nggak banyak. Itu tadi, berarti anggaran kita masih kurang.”kata Indrata Nur Bayuaji.

Proyek fisik 2021 yang bernilai cukup besar tersebut diresmikan secara simbolis yang di pusatkan di Gedung baru Pelayanan Perpustakaan ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Adapun 14 proyek fisik yang diresmikan diantaranya sektor kesehatan, berupa rehabilitasi ruang rawat inap puskesmas punung, pembangunan puskesmas kebonagung, rehabilitasi puskesmas pembantu Ngile Tulakan, peningkatan fungsi ruang UGD Puskesmas Wonokarto dan Instalasi Oxygen Generator Poly Medical RSUD dr. darsono.

Sektor pendidikan, berupa rehabilitasi ruang kelas SMP 1 Arjosari dan rehabilitasi ruang kelas SD N Bangunsari Kecamatan Pacitan. Sektor Infrastruktur diantaranya rehabilitasi jembatan Banjarejo, rehabiliatsi jembatan mendole Sirnoboyo, pemeliharaan berkala jalan pringkuku Dersono, jalan jeruk Bandar jalan sukodono kalak Donorojo dan perluasan sistem penyediaan air minum spam desa kalak donorojo. Sektor prasarana umum berupa pembangunan gedung pelayanan perpustakaan.

“Saya berharap, pembangunan proyek fisik yang terlihat cukup besar menurut saya ini bisa dimanfaatkan untuk masyarakat pacitan sehingga bahagia sejahtera.”ujar Aji

Ditambahkan Bupati Indrata, khusus gedung pelayanan perpustakaan yang megah harusnya diimbangi dengan meningkat ya minat baca warga masyarakat pacitan, yang beberapa tahun terakhir ini minat baca di pacitan masih sangat rendah. Perbanyak referensi buku, salah satunya buku sastra itu bisa di ilih menjadi kunci untuk bisa meningkatkan minat baca. Selain itu petugas di Dinas Perpustakaan harus inovatip untuk mencari terobosan terobosan baru dalam menggiring minat warga memanfaatkan gedung pelayanan perpustakaan dengan lebih sering mengadakan kegiatan yang di minati warga.

“Yang paling penting dari pada pembangunan proyek fisik itu semua adalah setelah itu apa!, artinya membangun SDM nya itu yang paling berat. Contohnya pada kesempatan ini gedung perpustakaan yang luar biasa mewah menurut saya, bagaimana nantinya bisa berguna, berfungsi, bermanfaat maksimal untuk masyarakat pacitan itulah yang paling penting.”Kata Indrata Nur Bayuaji dalam sambutannya.

Persiapkan SDM penunjang yang mumpuni juga ditekankan Bupati Indrata untuk pembangunan sektor pendidikan dan kesehatan.

“Sebagus bagus nya nanti alat misalkan kita punya duwet terus ada anggaran apa yang dibutuhkan rumah sakit kita cukupi tapi kalau tidak ditunjang dengan SDM yang mumpuni maka penggunaan alat itu pun juga tidak akan maksimal.”tambahnya

Sementara itu perlu diketahui, APBD Kabupaten Pacitan tahun 2021 sebesar Rp. 1 Triliun 704 miliar lebih sekian dengan jumlah kegiatan fisik konstruksi sebanyak 1149 paket, baik yang dilaksanakan secara tender maupun pengadaan langsung dengan nilai anggaran kontrak pekerjaan fisik konstruksi sebesar Rp. 167 miliar 392 Juta lebih.

“Sebagai bahan evaluasi sejauh mana kegiatan pembangunan yang kita laksanakan selama tahun 2021 sesuai rencana strategis yang kita uraikan setiap tahunya.”tutup Yunus Hariadi dalam laporanya sebagai Panitia penyelenggara.

 Editor : Asri Nuryani

Blog, Updated at: 16.42
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03