Uji Coba PTM Model Prokes Aman Siap Dilanjut, Mentahkan Kekhawatiran ‘Klaster’ Corona

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan - 104,6 MHz on Jumat, 10 September 2021

Grindulu FM Pacitan - Sudah dua minggu uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat SD dan SMP lancar aman berdasar evaluasi Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan. Setidaknya sampai saat ini kata Daryono Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan tidak ada keluhan atau komplain yang di terimanya, baik dari siswa, orangtua siswa maupun guru termasuk pihak lembaga sekolah pelaksana uji coba PTM. ‘Jadi sesuai rencana yang sudah disetujui Gugus Tugas Covid-19 dan sesuai edaran Bupati pelaksanaan pembelajaran terbatas di 62 lembaga SD dan SMP sejak 1 September lancar.”
Di tambahkan Dayono, lancarnya scedule pembelajaran tatap muka tahap ke 1 model prokes itu mementahkan bukti adanya kekhawatiran muncul ‘klaster’ Corona saat PTM berlangsung.

Untuk itu pada skema tahap ke 2 dengan percaya diri akan segera dimulai dengan membuka 50 persen dari seluruh jumlah lembaga sekolah di pacitan. Diharapkan setelah tahap 4 jatahnya PAUD aman, maka siap untuk buka 50 persen. Namun hal itu pun masih ada pilihan untuk sekolah mana yang dirasanya siap PTM model prokes.

“Dicontohkan ya SMP N 1 itu muridnya seribuan, kita beri waktulah untuk persiapan bagaimana mengatur sirkulasi keluar masuknya siswa agar tidak berkerumun. Makanya tetap skema 4 tahap kita pegang teguh meski uji coba tahap 1 aman. Sementara ini.”kata Daryono Sementara terkait jam pembelajaran, tetap akan dilaksanakan hanya dua jam dengan batasan hanya separo siswa yang masuk kelas. Sedangkan sisanya ikut daring dari rumah masing masing. “Saat ini tahapan orientasi pada anak, setelah satu tahun lebih tidak sekolah, kita fokuskan untuk mengembalikan psikologis anak.”imbuhnya.

Saat ini Diknas akan evaluasi kegiatan pembelajaran tahap ke 3 dan 4. “Kalau lebih dari dua jam durasi belajar mengajar belumlah, jangan dulu kita butuh kajian sekitar sebulan dua bulan. Ini masih masa pandemi jadi harus taat pada aturan prokes kita jangan gegabah dengan resiko yang tidak diinginkan.”pungkas Daryono.

Editor : Asri Nuryani

Blog, Updated at: 15.55
Comments
0 Comments