Kapolres Pacitan: Sehari 5 Ribu Lengan Warga Di Pacitan Wajib Disuntik Vaksin Covid-19, Kelompok Rentan Gelandangan, Tuna Wisma dan Lansia Giliran Disasar

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan - 104,6 MHz on Kamis, 23 September 2021

Grindulu FM Pacitan - Kuota 5 Ribu dosis vaksin covid-19 dalam sehari wajib disuntikan ke lengan warga di Pacitan menjadi salah satu jurus jitu yang di pilih Kapolres Pacitan untuk percepatan vaksinasi target 70 persen dalam waktu tiga bulan hingga akhir Desember 2021. Vaksin bagi kelompok rentan seperti tuna wisma, lansia dan pemulung di pilih Polres Pacitan menjadi salah satu jurus jitu untuk percepatan vaksinasi covid-19 di Pacitan. 
Sebelumnya vaksinator dari Klinik Kesehatan Polres berkeliling atau door to door ke tempat sampah dan panti jompo untuk memberikan vaksin dosis pertama kepada pemulung. Akan tetapi door to door ternyata tidak efektif sehingga dipilihlah untuk pelaksanaan vaksinasi terpusat yakni di halaman Mapolres dan Klinik Polres. Polres pun harus kerja ekstra dengan menjemput para pemulung, gelandangan dan lansia agar disuntik vaksin.
Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono tidak menyia-nyiakan moment. Pada saat hari Ulang tahun Lalu Lintas ke-66 puluhan pemulung gelandangan dan lansia yang bertempat tinggal di wilayah pacitan kota dijemput untuk divaksin. Polres menyasar warga tuna wisma dan pemulung yang sepertinya tidak terjangkau dalam pendataan program vaksinasi Pemerintah Kabupaten Pacitan.

“Hari ini ada total 189 kelompok rentan kita vaksin dan dalam rangka HUT Lantas ke 66. Selain vaksinasi gratis juga ada penyerahan bantuan sosial. Kalau tuna wisma dan pemulung itu kelompok rentan. Mereka kerjanya di tempat sampah yang notabene tidak steril. Kelompok rentan ini perlu di lindungai.” kata Kapolres AKBP Wiwit.

Dilanjutkan Kapolres AKBP Wiwit Ari Wibisono, untuk mencapai target vaksinasi 73 persen sampai akhir desember 2021 di kabupaten pacitan, maka setiap hari harusnya wajib menyuntik 5 ribu lengan warga dengan suntikan vaksin Covid-19. Masing masing titik lokasi pelaksana vaksin diperintahkan selipkan 10 lansia atau kelompok rentan.

“Setiap Puskesmas wajib setiap hari selipkan minimal 10 lansia atau kelompok rentan. Target 5 ribu perhari sudah vaksin dosis 1 harus terpenuhi.” tambah Kapolres Wiwit Tidak berlebihan progres Polres pacitan dalam mendukung vaksinasi Covid-19 di pacitan sebab, capaian vaksin di Pacitan baru di angka 20,26 persen. Tidak hanya sekedar memberikan suntikan vaksin gratis kelompok rentan tersebut akan tetapi Kapolres juga menyerahkan bantuan sembako.

Editor : Asri Nuryani

Blog, Updated at: 15.11
Comments
0 Comments