Bupati Indrata: Dinas Pendidikan Pacitan Harus Lebih Inovatip, Program Kegiatan Tidak Boleh Bersifat Rutinitas Tapi Harus Kreatif

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Kamis, 20 Mei 2021

Grindulu FM, Pacitan -Dalam rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Rabu(19/05/2021) Bupati Indrata Nur Bayuaji banyak memberikan target. Salahsatu diantaranya menarget untuk bisa penuhi capaian Indeks Pembangunan Manusia(IPM) Rata Rata Lama Sekolah.  Tidak berlebihan memang keinginan tersebut mengingat pendidikan menjadi salah satu ukuran agar kehidupan warga menjadi bisa lebih baik. Di mana di ketahui pula, saat ini angka kemiskinan di Pacitan meningkat signifikan dengan salahsatu faktornya karena rata rata lama sekolah yang baru menjejaki angka 7,60.
Angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Pacitan memang lebih banyak di pengaruhi kegagalan memenuhi target indikator rerata lama sekolah. Mau tidak mau hal itu tidak bisa di pungkiri oleh siapapun.

                                    

Di Pacitan sesuai rilis data BPS untuk rata rata lama sekolah pada tahun 2020 tercatat  7,60 persen. Dimana anak anak usia 7 tahun ini berpeluang bersekolah selama 12,6. Angka itu sudah lebih baik dari sebelumnya, akan tetapi Bupati mengharapkan tahun berikutnya akan menjadi lebih baik lagi dengan peningkatan yang lebih signifikan. Untuk itu tidak berlebihan jika dalam rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan, penekanan yang di berikan pada Kepala Dinas Pendidikan Daryono untuk lebih inovatip dalam mengajukan atau mengusulkan program kegiatan.

“Ada target target tertentu dari kami tentang bagaimana kualitas pendidikan di Kabupaten Pacitan bisa meningkat. Kemudian kami juga menyampaikan pada dinas pendidikan harus ada  program kegiatan yang sifatnya inovatip tidak rutinitas setiap tahun itu itu saja jadi harus ada inovasi karena tantangan jaman semkain kedepan semakin menantang istilahnya.”tegas Indrata

Tidak heran jika banyak target yang diminta Bupati dan Wakil Bupati Aji-Gagarin untuk Dinas Pendidikan. Pasalnya Dinas Pendidikan  memang memiliki pos jatah anggaran terbanyak dalam APBD jika di bandingkan dinas dinas lain, selain itu Dinas Pendidikan merupakan lembaga yang sangat mempengaruhi kondisi masa depan anak anak daerah pacitan.

Dengan arahan itu Daryono Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan akan segera merapatkan barisan dengan jajarannya untuk menggencarkan gerakan kembali bersekolah tentu untuk menaikan peringkat indeks Pembangunan Manusia(IPM).

“Jadi pada prinsipnya pak bupati memerintahkan pada jajaran pendidikan dalam rangka mencapai visi misinya beliau dinas pendidikan harus melakukan inovasi kecepatan dalam koridor membantu tercapainya visi misi. Salahsatunya rata rata lama sekolah mempercepat menaikan nilainya. Dan kami akan berbicara dengan jajaran untuk melakukan kajian mana yang bisa kita jadikan inovasi nanti akan kita laporkan ke pak bupati. jadi kami di target oleh pak bupati untuk segera melakukan semacam program kerja dalam bentuk invasi mempercepat capaian misi visinya beliau.”kata Daryono

Target lain yang diminta Bupati Indrata, standart pendidikan kualitas dan mutu siswa harus di tingkatkan untuk mendorong tingkat kemiskinan di Pacitan semakin rendah.

“Karena dengan kemiskinan itu bisa di hapus salahsatunya melalui pendidikan. Jadi kita harus menjaga kulaitas untuk pendidikan. Kualitas pendidikan itu sendiri di jaga oleh banyak pihak, mulai dari tenaga pendidikan, sarana prasarana pendidikan dan siswanya juga. Itu kita harus bersatu bersama sama. Karena kalau sekolahnya bagus mereka bisa mandiri, bisa menghasilkan uang sehingga pendapatannya tinggi dan kemiskinan berkurang.”pungkas Daryono




Editor : Asri Nuryani


Blog, Updated at: 13.03
Comments
0 Comments