Pacitan Belum Perlu Tambah Cadangan Pangan Selama Ramadhan Dan Lebaran, Warga juga Tak Perlu Khawatir Stok Aman

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan - 104,6 MHz on Kamis, 22 April 2021

Grindulu FM, Pacitan -Plh Bupati Pacitan Heru Wiwoho bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan  serta Kepolisian melakukan Inspeksi mendadak(sidak) ke Pasar Tradisional Minulyo, Kamis(22/04/2021).
Dalam sidak tersebut di klaim Plh Bupati Heru Wiwoho tidak menerima keluhan yang cukup berarti, baik itu dari pedagang maupun dari pembeli atau konsumen. Bahkan ketersediaan kebutuhan bahan pokok masih sangat menggembirakan, di anggap cukup aman sampai lebaran. Begitu juga harga kebutuhan pokok mayoritas menurun kecuali harga minyak goreng dan daging ayam.

                                       

“Alhamdulillah harga bahan pokok turun, seperti beras juga turun karena sekarang ini petani panen, stok stabil ya kecuali minyak dan daging harga mahal dna stok daging sedikit menipis.”kata Plh HeruWi
Di tambahkan Heru Wiwoho, untuk kondisi stok daging ayam yang mulai menipis, Pemerintah Daerah akan berupaya cari solusinya nanti sebab situasi itu kerap terjadi di setiap hari hari besar, sehingga warga tak perlu khawatir, Pemerintah siap menjamin ketersediaan pangan di pacitan cukup sampai lebaran dan belum perlu menambah cadangan pangan untuk saat sekarang.
“Tidak perlu tambahan cadangan pangan dulu, ini masih cukup aman.”jelas Plh Bupati HeruWi
Dalam sidak kebutuhan pokok ke sejumlah pasar tradisional pekan kedua di bulan ramadhan ini sebagai kegiatan rutin mingguan yang sebelumnya sudah di laksanakan Dinas Perdagangan. Soal apakah butuh tambahan cadangan akan di tinjau lagi nantinya mendekati lebaran.

“Akan di tinjau lagi jelang sebelum lebaran, termasuk kita tinjau ketersediaan LPG 3kg dan BBM yang dilaporkan cukup.”tutur HeruWi
Sementara  dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Heru Sukresna menuturkan upaya penyediaan pangan tersebut sudah di lakukan sebulan sebelumnya. Ada upt di masing masing wilayah kecamatan. Dari petugas wilayah juga senada melaporkan untuk stok pangan di sejumlah wilayah kecamatan stabil dari harga dan mencukupi.
“Jadi sebelum kita datang sidak, sehari sebelumnya sudha membuat laporan ke provinsi juga. Intinya secara umum kebutuhan pokok setiap hari yang ada di Pacitan itu cukup. Dari harga yang terjaga stabil. Kalau kita bandingkan dengan musim puasa yang kemaren insyaallah harga ini cukup stabil ini menandakan geliat perekonomian kita sudah mulai membaik, hanya saja ada sebagain kebutuhan harga naik ”tutur Heru Sukresna
Sementara dengan adanya larangan mudik dari Pemerintah Pusat kemungkinan juga akan berimbas pada jumlah pengunjung atau konsumen yang membeli ke pasar tradisional.
“Saat ini belum kelihatan, ini kondisi pasar masih sepi landai landai saja. Apakah nanti berpengaruh jelas kemungkinan akan berpengaruh, karena pemudik yang datang itu bawa uang berbelanja, biasanya kalau jelang hari raya pasar yang berbelanja pakaian banyak sekali. Nanti kita lihat lagi jelang mendekati sebelum lebaran.”jelas Heru Sukresna
Terkait LPG 3 kg dan juga BBM jelang lebaran diklaim aman. sebagai kota wisata, Pemerintah Daerah tidak ingin terjadi adanya kelangkaan BBM. Untuk itu pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pacitan sudah mengusulkan tambahan kuota untuk jaga jaga saja.
Sesuai data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pacitan untuk kuota LPG 3 kg di Pacitan tahun 2021 mencapai 9569 metrik ton.
“Tahu tahu tambahan kita sampaikan nanti, baik itu BBM dan LPG 3 kg.”pungkas Heru Sukresna



Editor : Asr Nuryani


Blog, Updated at: 09.20
Comments
0 Comments