Pelaku Perjalanan Penyumbang Terbanyak Pasien Positif Corona Di Pacitan

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Sabtu, 03 Oktober 2020

Grindulu FM, Pacitan - Dari jumlah 115 pasien positif corona di Pacitan ternyata penyumbang terbanyak dari klaster pelaku perjalanan. Dari jumlah tersebut 45 diantaranya memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah atau pelaku perjalanan.

                             

Sementara awal oktober 2020 ini juga tambah lagi ada 7 orang yang dinyatakan hasil swab positip covid-19. Kelima orang diantaranya  tempat tinggalnya berada di wilayah Kecamatan Pacitan. Sedangkan  2 tambahan lagi dari Kecamatan Tegalombo  diduga pernah kontak dengan pasien positip sebelumnya dan yang dari Kecamatan Ngadirojo merupakan pelaku perjalanan. “Jadi kembali pelaku perjalanan menambah daftar panjang klaster pelaku perjalanan dan ini sangat menjadikan warga waspadai.”kata Rahmad.

Perlu diketahui, pelaku perjalanan itu orang yang melakukan perjalanan 14 hari terakhir sebelum ODR(Orang Dalam Resiko) mereka umumnya sehat seperti manusia sehat pada umumnya tapi kini ODR telah diganti penyebutannya menjadi OTG alias orang tanpa gejala mereka ini memiliki kontak erat dengan terkonfirmasi positif Covid-19.

                                                  

Melihat  penambahan jumlah pasien terkonfirmasi positip didominasi pelaku perjalanan, tim gugus meminta warga mematuhi dan melaksanakan Surat Edaran Bupati terkait penanganan pendatang,  ketika suatu wilayah tertentu ada warganya yang datang dari wilayah luar kota apalagi dari daerah terdanpak, segera lakukan pendataan dan segera laporkan pada tim gugus atau puskesmas untuk secepatnya dilakukan streching.
“Semua tamu Pemerintahan juga harus dan wajib menunjukan hasil swab bebas corona sesuai yang sudah diatur dalam Perbup No 70.”lanjut Rahmad
Tim Gugus meminta masyarakat tidak perlu takut begitu ada pendatang segera lapor RT/Rw atau puskesmas agar tidak menyebarkan virus corona. Sesuai Data Update Resmi Dinas Kesehatan 2 Oktober 2020 Pukul 13.00 Wib, kategori pelaku perjalanan total ada 28.762, selesai isolasi 28.346,  di pantau 416, dirumah 416. Sedangkan kategori kontak erat ada 634, selesai isolasi 557, dipantau 77, dirumah 77.

Sementara pasien terkonfirmasi  sudah terbukti positif dari hasil PCR total mencapai 115, dipantau 13 dan yang dirawat di gedung wisma atlit  masih 13 orang. Adapun yang meninggal dunia tetap diangkai 3 orang dengan angka sembuh 99 orang. “Yang sembuh dari Kecamatan Bandar, Pacitan dan Pringkuku.”ujar Rahmad


Editor : Asrinuryani

Blog, Updated at: 08.50
Comments
0 Comments