Jamaah Umroh Distop Arab Saudi, Kemenag Pacitan: Masyarakat Jangan Gusar

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Kamis, 27 Februari 2020

Grindulu FM, Pacitan - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan melakukan langkah proaktif menangkal  masuk dan menyebarnya virus corona dengan menghentikan sementara warga negara asing termasuk Indonesia, masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka Ibadah Umroh dan Ziarah  Masjid  Nabawi. Padahal Jamaah Umroh terbanyak itu berasal dari Indonesia.  

Sedangkan dari Pacitan sendiri setiap bulannya memberangkatkan 40 hingga 50 orang untuk  Ibadah Umroh, hal tersebut berdasarkan data laporan paspor yang masuk ke Kementrian Agama Kabupaten Pacitan.

Terkait kondisi itu, dimana dikabarkan ada jamaah umroh yang batal diberangkatkan karena virus corona. Kepala Kementrian Agama Kabupaten Pacitan, Dr. Muhammad Nurul Huda, S.Ag., M.Pd. meminta warga di pacitan tidak panik dan tidak gusar. 
Muhammad Nurul Huda Kepala Kementrian Agama Pacitan
foto : Grindulufm-asri

Terkait Jamaah Umroh yang berangkat, memang Kementrian Agama tidak tahu menahu, karena itu menjadi kewenangan jasa biro umroh masing masing, dan Kementrian Agama hanya sebatas mengetahui atau memantau paspor saja.

“Sampai hari ini belum ada laporan ada tidaknya jamaah umroh dari pacitan yang terhambat di Bandara Surabaya, yang ikut berangkat Umroh paska  adanya larangan. Kami hanya bisa memantau untuk paspor saja.” Kata Muhammad Nurul Huda.

Kepala Kementrian Agama Pacitan Muhammad Nurul Huda juga menghimbau  seluruh masyarakat Pacitan agar tidak panik dan gusar. Karena yang memiliki rumah adalah Arab Saudi. Dan sebagai tamu, kita mengikuti saja aturan yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi. Huda juga meminta jamaah umroh dari pacitan sabar dulu demi keamanan.
Indonesia sebagai negara yang memberangkatkan jamaah umroh terbanyak didunia memang sudah dinyatakan sebagai negara pengecualian tidak ada virus corona, dijelaskan Nurul Huda, Begitupun sebentar lagi akan masuk bulan haji, pada  bulan Mei - Juni, maka tidak berlebihan jikapemerintah Arab Saudi berusaha semaksimal mungkin cegah tangkal virus Corona mulai jauh-jauh hari.

Reporter : asrinury

Blog, Updated at: 15.49
Comments
0 Comments