Dinas Pendidikan Jatim Siapkan Alumni SMA-SMK Sebagai Pemanfaat Kartu Prakerja

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Jumat, 14 Februari 2020

Grindulu FM, Pacitan - Dinas Pendidikan Jawa Timur sekarang lagi fokus sedang menyambut Kartu Prakerja. “akan kita siapkan kabupaten/kota dijawatimur termasuk pacitan alumni atau lulusan sma/smk jadi bagian dari pemanfaat Kartu Pra Kerja Presiden. “Insya Allah itu yang kita bangun sekarang.”ujar Romliyanto Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Timur saat berkunjung diacara ekspo SMK Sekabupaten Pacitan di gedung Ghasibu, Kamis (13/02/2020).
Sekdin Pendidikan Jatim Romliyanto
foto Grindulufm-asri
Untuk menyiapkan itu, Pemkab diminta bekerjasama, dengan cara memudahkan provinsi lakukan koordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Perdagangan Industri Kabupaten. Dan kartu prakerja ini, sebagai upaya mengatasi jumlah pengangguran lulusan SMA/SMK, yang masih tinggi di Jawa Timur.
Seperti diketahui, kartu prakerja yang akan diberikan pada lulusan SMA/SMK ini, sekedar dapat gaji. lulusan SMA/SMK yang bisa mendapat kartu prakerja, harusmemiliki kriteria soal jangka waktu penerimaan gajinya. Jangka waktu tersebut, dari penerima kartu mendapat pelatihan dari pemerintah hingga diterima kerja.

Nantinya akan ada tim penilai yang meyeleksi  lulusan SMA/SMK yang akan menerima kartu. Sementara  itu untuk mengatasi pengangguran lulusan SMA/SMK  Dinas Pendidikan Jawa Timur memiliki tiga hal yang harus dilakukan. Yang pertama tentu link and match. "Jadi kita ingin membangun sinergi dengan industri dan dunia usaha. Tidak bisa tidak, Alumni SMA/SMK disinergikan dengan dunia usaha, dan kita sudah membangun platform kekinian yang terkenal dengan Milenial Job Center untuk mewadahi alumni SMA/ SMK yang tingkat angka penganggurannya masih sangat tinggi. Lalu kedua harus tingkatkan kualitas skill.. Yang ketiga, anak-anak bekerja tidak bisa hanya dimodali oleh skill tapi juga atribut personal, dimana anak harus punya budaya kerja.

Dinas Pendidikan Jawa Timur juga fokus mendukung Indonesia meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia).

Dalam kesempatan yang sama Indartato Bupati Pacitan akan mencoba memasukan Dinas Perdagangan dalam dunia SMK. Tugasnya untuk memberikan pembinaan, bimbingan terkait pemasaran produk anak-anak SMK.  “Karena ini untuk Pacitan, kebanggan Pacitan memiliki anak-anak lulusan SMK yang terampil.” Ujar Bupati Indartato.
Sehingga saat anak-anak SMK dan SMA di Kabupaten Pacitan lulus dari dunia sekolah bisa terlibat langsung dalam dunia kerja maupun dunia industri.

Reporter : asrinury

Blog, Updated at: 14.38
Comments
0 Comments