4 Bulan Ratusan Warga Terserang DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, April 23, 2024

GrinduluFM Pacitan - Ratusan warga di Kabupaten Pacitan menderita demam berdarah dengue (DBD) dalam kurun empat bulan terakhir sejak Januari hingga April 2024. Sebagian dari jumlah tersebut masih ada yang dirawat di rumah sakit dan sudah banyak yang sembuh, satu orang dinyatakan meninggal dunia.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan drg. Nur Farida menyebutkan sejak Januari hingga April 2024 tercatat 219 warga di Kabupaten Pacitan terserang demam berdarah merata di sejumlah Kecamatan.

“Januari hingga tanggal 23 April 2024 tercatat 219 warga terserang DBD, dari yang sebelumnya 112 orang.” katanya.

Dari jumlah 219 warga terserang DBD tersebut, 1 orang dari Puskesmas Donorojo dinyatakan meninggal karena memiliki penyakit bawaan hipertensi. Pasien menolak saat akan dirujuk ke Rumah sakit.

Meskipun diagnosa utama kematian pasien tersebut bukan DBD, akan tetapi DBD menjadi faktor pemicu kondisi pasien semakin memburuk. 

Rumah Sakit Umum Daerah RSUD dr. Darsono Pacitan menyebutkan merawat 7 pasien Demam Berdarah, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Mereka umumnya mengalami gejala demam hingga timbul bintik-bintik merah pada kulit.

“Kita merawat pasien demam berdarah tujuh orang minggu ini, mereka mayoritas dalam kondisi baik baik saja. Semoga lekas sembuh.”ungkap Humas RSUD dr.Darsono Pacitan dr.Johan Tri Putranto.

Kasus terbanyak terjadi di kecamatan pacitan. Sedangkan sisanya tersebar hampir di semua kecamatan di Kabupaten Pacitan.

Kembali ganasnya nyamuk aedes aegepthy memakan korban jiwa tahun ini di wilayah Kabupaten Pacitan.

Dinas Kesehatan merespon lakukan fogging di sejumlah titik wilayah lokus ditemukannya penderita.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 13.39
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03