Bupati Aji Kukuhkan 36 Guru Jadi Kepala Sekolah, 28 Pengawas Sekolah Tetaplah Jadi Ujung Tombak

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Maret 08, 2024

GrinduluFM Pacitan - Sebanyak 36 guru ahli muda dan ahli pertama jenjang SD dikukuhkan menjadi Kepala Sekolah oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

Pelantikan tersebut berlangsung di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jumat (8/3/2024).

Selain mengukuhkan 36 guru menjadi kepala sekolah, bupati juga melantik 28 pengawas sekolah.

Bupati Aji mengatakan penugasan guru sebagai kepala sekolah tersebut berdasar pada peraturan menteri pendidikan, kebudayaan riset dan teknologi republik Indonesia tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah yakni guru yang mempunyai sertifikasi sebagai guru penggerak.

“Pelantikan merupakan upaya ikhtiar kita meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia masyarakat pacitan. Sebagai kepala sekolah disitu memimpin para guru yang berhadapan langsung dalam mendidik masyarakat pacitan,”katanya.

Pacitan sebaik apapun potensi sumber daya alamnya selama sumber daya manusia SDM nya berkualitas maka bisa siap bersaing dengan Kabupaten/Kota dan Provinsi lainnya.

Bidang pendidikan di pacitan masih memiliki banyak permasalahan salah satunya permasalahan sumber daya manusia.

Memang sebenarnya bahwa kesempatan kerja peluang kerja di kabupaten pacitan terbatas akan tetapi banyak jalan untuk sukses apabila kualitas SDM mumpuni bisa berwiraswasta atau bekerja di kota lain.

“Semua permasalahan di suatu wilayah bisa disimpulkan itu semua tergantung dari kualitas sdm yang dimiliki wilayah tersebut,”ujarnya.

Ketika tidak bisa manfaatkan potensi yang ada akan tertinggal pacitan kedepan dan hari ini karena itu bagaimana semuanya bisa memajukan sekolah masing masing. Bisa menanamkan identitas kuat terhadap anak didik karena kecerdasan intelektual saja tidak cukup dalam membangun pacitan, dibutuhkan kecerdasan lain dan itu hanya guru yang bisa menanamkan pada anak didik di lingkup sekolah.

Untuk pengawas dilantik dan kepala sekolah yang dikukuhkan bisa amanah professional bermartabat dalam menjalankan tugas.

Kepala sekolah diharap tetap menjadi ujung tombak dikarenakan kepala sekolah merupakan unsure terpenting sebagai pemimpin di satuan pendidikan.

“Tetap jadilah ujung tombak pendidikan di kabupaten pacitan sehingga tercipta generasi penerus yang unggul berakhlak mulia dan berdaya saing sehingga masyarakat sejahtera bahagia.”lanjutnya.

Proses penugasan kepala sekolah dilakukan melalui tim pertimbangan pengangkatan kepala sekolah berupa pemberian rekomendasi untuk selanjutnya diproses lebih lanjut penetapan surat keputusan penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Pacitan ini juga melantik dan mengambil sumpah janji 28 pengawas sekolah.

Diharapkan pengawas sekolah yang baru dilantik tersebut mumpuni menjalankan tugas dan fungsi dengan baik terutama dalam menyusun program sekolah, melaksanakan pembinaan serta mengevaluasi sekolah binaanya agar tercapai standar nasional kualitas pendidikan.

Menurutnya jabatan pengawas merupakan jabatan yang strategis selaku perpanjangan tangan dari dinas pendidikan sekaligus ujung tombak standar pendidik nasional sehingga lebih inovatif dan produktif.

“Saya ucapkan selamat atas dilantiknya kepala sekolah dan pengawas sekolah hari ini, semoga bisa membawa kebaikan bidang pendidikan dipacitan mampu mencetak sumber daya manusia berkualitas.”tutupnya.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 16.00
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03