Diduga Buang Puntung Rokok Sembarangan, Lahan Milik Handoyo Pengusaha Emas di Depan Makam Kucur Ludes Terbakar

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, November 09, 2023

GrinduluFM Pacitan - Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja Satpol PP Kabupaten Pacitan mengungkapkan penyebab sementara kebakaran yang terjadi di lahan milik Handoyo pengusaha emas di Pacitan yang berlokasi di depannya makam kucur atau samping Gudang Bulog karena puntung rokok yang dibuang sembarangan, Kamis 09 November 2023 sekira pukul 11.40 WIB.

“Dugaan sementara dari percikan punting rokok.”ucap Sugito Kepala Bidang Damkar Satpol PP Kabupaten Pacitan.

Sugito Kepala Bidang Damkar Satpo PP Pemkab Pacitan menuturkan kronologi kebakaran sesuai keterangan pelapor saat Iwan sedang menebang pohon di lahan bagian belakang tiba tiba terdengar suara ledakan kecil yang bersumber dari area tengah lahan. Akhirnya iwan mencari sumber suara tersebut, tidak disangka api sudah menjalar dengan cepat dan asap sudah sangat tebal sampai menghalangi pandangan.

“Bapak iwan memperkirakan bahwa kebakaran tersebut bersumber dari puntung rokok yang mengenai ranting kering, namun belum bisa dipastikan secara spesifik penyebab kebakaran karena banyak orang leluasa memasuki lahan tersebut.”ungkap Sugito.

Kebakaran saat musim kemarau panjang tahun ini memang sudah merata ke seluruh wilayah terutama lahan hutan. Kemaren Rabu 8 November 2023 juga terjadi kebakaran pabrik di Wonogondo.

Kemarau panjang yang dirasakan di wilayah pacitan mengharuskan masyarakat waspada terhadap kebakaran hutan maupun lahan. Menurut Sugito sejak Juli hingga 09 November 2023 sudah terjadi kebakaran di sejumlah lokasi baik itu perumahan warga pasar maupun lahan dan hutan.

“Selama musim kemarau semua peralatan yang berfungsi untuk penanganan kebakaran kita penuhi dan selalu siap. Hanya saja untuk kebakaran di lahan hutan yang sulit dijangkau mobil damkar kita siagakan didekat permukiman warga untuk jaga jaga jangan sampai mengenai rumah warga. Penanganan yang cepat dan tepat kami harapkan membantu mengurangi kerugian yang terlalu besar.”pungkasnya.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 15.47
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03