Sebanyak 178 Bangunan di Pacitan Rusak Akibat Gempa Bantul, Estimasi Kerugian Rp.2,1 Miliar

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Juli 05, 2023

GrinduluFM Pacitan -Daerah Istimewa Yogjakarta diguncang gempa bumi pada Jumat (30/6/2023) sekitar pukul 19.57 WIB dengan kekuatan M6 dengan pusat gempa ada di 86 km arah Barat Daya Kabupaten Bantul sudah memporak porandakan ratusan bangunan pemerintah dan warga di Kabupaten Pacitan.

Berdasarkan update data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Erwin Andriatmoko Kepala Pelaksana BPBD Pacitan menjelaskan sebanyak 178 bangunan pemerintah dan warga rusak ringan sedang hingga berat.

“Ini kalau tidak salah saya baca terakhir itu sekitar 178 bangunan pemerintah dan warga. Ini masih kita perbaharui terus. Tadi saya koordinasi dengan diknas data yang di kami 11 yang rusak bangunan sekolah.”jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko menuturkan dari 178 bangunan rusak tersebut bervariasi. Untuk rusak berat ada 5 bangunan, yang terbanyak jumlah laporan rusak ringan. Dari kerusakan bangunan akibat gempa Bantul tersebut estimasi kerugian mencapai kisaran Rp. 2,1 miliar.

“Rusak berat jika mengacu pada standart Provinsi untuk yang rusak berat dapat Rp.50 juta, rusak sedang Rp.25 juta, rusak ringan Rp.15 juta. Jika dikalkulasi bisa mencapai Rp.2,1 miliar kerugiannya.”tuturnya.

Bpbd Pacitan melakukan langkah langkah penanganan untuk dampak gempa bantul tersebut. Salah satunya mengusulkan bantuan ke Pusat maupun Provinsi. Selain itu juga sudah dianggarkan dalam dana Bantuan Tak Terduga (BTT).

“Langkah Kita terus berusaha koordinasi dengan bpbd provinsi maupun pemerintah pusat terutama kaitannya dengan penanganan bangunan rusak. Kemaren pacitan juga dapat kunjungan dari BNPB.”ungkapnya.

Terkait gempa Bantul yang membuat panik warga di pacitan itu, BMKG mengatakan bahwa gempa bantul alarm zona subduksi selatan jawa masih aktif.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 08.56
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03