Sampah di Hari Lebaran di Pacitan Diprediksi Normal Kisaran 20-30 Ton

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, April 04, 2023

GrinduluFM Pacitan -Saat ini antisipasi lonjakan volume sampah masih menjadi perioritas Pemerintah Daerah Pacitan.

Pada libur lebaran tahun ini, antisipasi euforia mudik hari raya akan berdampak peningkatan produksi sampah yang sulit dihindari.

Selain antisipasi kepadatan jalur lalu lintas tentu lonjakan volume sampah juga harus menjadi perioritas perhatian.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pacitan Cicik Roudlatul Jannah memprediksi volume sampah di libur lebaran dalam kondisi normal seperti hari hari biasa. Katanya, di Pacitan itu sampah akan menumpuk banyak justru pada saat ada iven kegiatan yang mendatangkan massa. Sedangkan saat lebaran masyarakat tidak banyak pemudik yang tiba tiba langsung tumpah ruah.

“Volume sampah di hari biasa kita hanya dikisaran 20-30 ton perhari. Kemungkinan prediksi saya pada libur lebaran ini juga sama segitu.”katanya

Biasanya dalam libur lebaran itu penambahan sampah akan tersebar di tempat wisata dan pusat kegiatan. Cicik menyampaikan, pada H lebaran untuk tempat pembuangan sampah akan diperbaiki.

“Selain bisa mengurangi sampah tersebut juga bisa di tabung dibank sampah untuk di daur ulang menjadi barang yang punya nilai jual tinggi.”sebutnya

Sementara kondisi tempat pembuangan sampah (TPA) di Desa Dadapan saat ini masih proses perluasan agar tidak terjadi over loud.

Diharapkan Cicik semua desa di wilayah Kabupaten Pacitan itu memiliki TPS 3R atau bank sampah.

“Dari pengelolaan sulit, mencari orang yang bener benar pedulilah disitu.”pungkasnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 13.09
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03