Nopember Curah Hujan Tinggi, Warga Diminta Hati Hati Angka Kasus DBD Ikut Melonjak

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, November 01, 2022

GrinduluFM Pacitan -Bulan Nopember kasus demam berdarah dengue atau DBD di Kabupaten Pacitan meningkat. Bulan Oktober hingga awal Nopember 2022 tercatat sudah ada 46 kasus demam berdarah berdasarkan informasi yang diterima oleh GrinduluFM. Kenaikan kasus DBD terjadi sejak Agustus.

"Tapi peningkatan tajam di tahun ini dibanding tahun yang lalu terjadi kasus pada bulan Januari dan Februari yang lalu."katanya Namun pada Oktober tahun 2022 jumlah kasus demam berdarah turun hanya 2 kasus.

Menurut dokter Hendra Purwaka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, penurunan di bulan Oktober itu kemungkinan karena banjir.

Memasuki bulan Nopember hujan intensitas tinggi memungkinkan terjadinya air menggenang yang berpotensi menjadi sarang perkembang biakan nyamuk aides aygepthy, warga harus lebih hati hati.

“Data kasus demam berdarah sejak Januari- awal Nopember 2022 tercatat 223 kasus. Adapun bulan January merupakan bulan penyumbang tertinggi, jumlah kasus lanjut berkembang dari bulan sebelumnya Nopember Desember 2021.”katanya

Di tambahkan dokter Hendra, jika dibandingkan tahun 2021, angka itu cukup tinggi dan butuh ke hati hatian. Menurut data dinas kesehatan sepanjang tahun 2021 tercatat ada 250 kasus. Namun tahun 2022 belum genap setahun sudah mencapai 223 kasus.

Belajar dari grafik tahun sebelumnya, dokter Hendra mengingatkan bahwa Nopember menjadi bulan yang perlu menjadi ke hati hatian bagi warga di Pacitan terhadap penyakit mematikan demam berdarah tersebut.

Antisipasi meledaknya kasus demam berdarah dinkes mengajak kembali gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

“Warning saya, ayo lakukan pemberantasan sarang nyamuk. Bulan Nopember Ini musim hujan gampang memicu perindukan nyamuk berkembang biak.”ingatnya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dokter Hendra Purwaka menyampaikan, tingginya kasus demam berdarah di pacitan selama ini masih berkaitan erat dengan masalah lingkungan.

Penyumbang tertinggi  kasus DBD di pacitan masih Desa Tanjungsari, Pacitan dan Kebonagung.

“Kasus DBD Tanjungsari ada 42 kasus, Kebonagung 49 dan Pacitan 17 kasus. Namun penyebaran demam berdarah sekarang ini merata di 12 kecamatan.”tutupnya

Editor: Asri

Blog, Updated at: 14.39
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03