Mulai Hari Ini Dinkes Pacitan Warning Seluruh Apotik di Pacitan Tidak Boleh Edarkan Sirup Anak Anak!

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Oktober 20, 2022

GrinduluFM Pacitan -Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan mulai Hari ini Kamis(20/10/22) keluarkan surat edaran warning untuk seluruh apotik yang ada di Kabupaten Pacitan tarik obat sirup. Begitu juga untuk 24 Puskesmas diminta hentikan pemberian resep obat sirup pada pasien anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dokter Hendra Purwaka menegaskan mulai Kamis 20 Oktober 2022 saluruh apotik di Kabupaten Pacitan di minta untuk menarik semua obat sirup.

Penarikan obat sirup itu sebagai tindak lanjut dari perintah Kementerian Kesehatan terkait adanya ratusan anak mengalami gagal ginjal akut misterius yang diduga akibat meminum obat sirup.

“Di harapkan ke hati hatiannya semua untuk sirup anak anak untuk sementara tidak diedarkan. Kita bersama sama mohon apotik untuk tidak e..diedarkan sirup panas untuk anak anak, untuk anak anak. dan ini konsep surat sudah dibuat tadi malam untuk segera diedarkan pagi ini.”tegasnya

Di tambahkan dokter Hendra, sejak saat ini seluruh ahli profesi kesehatan terutama apoteker sebagai langkah awal untuk tidak diedarkan. Jika ada warga masyarakat yang tidak tahu. Petugas apoteker harus mengedukasi.

Untuk penarikan sirup anak di seluruh apotik di pacitan harus segera mungkin di lakukan. Untuk Pusat dan Provinsi sudah dilakukan.

“Untuk eksekusi nya apakah bisa secepatnya kita sudah warning. Untuk yang bertanggung jawab setiap apotik, ya apotekernya.”imbuhnya

Sementara sampai sekarang dilaporkan DInas Kesehatan belum ada kasus anak di pacitan terkena gagal ginjal akut misterius.

“Alhamdulillah semoga tidak ada. Namun kita sudah melakukan pada faskes semuanya warning untuk mohon bisa dipantau jika menemukan gejala gejala ke arah gagal ginjal msiterius akut.”ujarnya Penarikan sirup tersebut lanjut dokter Hendra harus dilakukan sesegera mungkin.

“Proses penarikan harus sesegera mungkin. Bagi anak yang sakit jangan mudah diberi obat. Bisa di berikan air putih dan di kompres.”pungkasnya

Editor: Asri

Blog, Updated at: 15.19
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03