Kebutuhan Daging Naik Jelang Lebaran, Warga Dihimbau Tidak Sekedar Buru Harga Murah Tapi Harus Lihat Kondisi Barang

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, April 23, 2022

GrinduluFM Pacitan - Pacitan sebagai daerah sentra peternakan hewan sapi dan kambing memastikan stok ketersediaan daging jelang lebaran cukup. Sehingga konsumen diminta tidak khawatir.

Mengingat lebaran tahun ini sudah dilonggarkan Pemerintah, diprediksi akan banyak orang yang datang silaturahmi lebaran ke pacitan dan hal itu dimungkinkan berdampak juga pada kebutuhan daging bakal bertambah dibanding hari normal biasa.

“Ada kenaikan lebaran hari pertama, hari biasa pedagang itu potong 1 atau 2 mungkin jelang lebaran ini bisa potong 4-5 ekor sapi. Begitu juga kebutuhan konsumen akan daging ayam juga ikut tambah sampai 5 ekor, kalau hari biasa hanya 1 bahkan tidak pernah potong ayam.”kata Agus Sumarno Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan.

Agus Sumarno menjamin stok daging terutama sapi aman selama lebaran. Hanya saja, memang wajar kalau ada kenaikan harga, namun tak pengaruhi stabilitas stok pangan. Apalagi warga di pacitan yang mampu membeli daging itu masih sangat sedikit.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Agus Sumarno mengingatkan warga sebagai konsumen saat beli daging tidak sekedar perhatikan harga murah akan tetapi wajib diperhatikan kondisi kelaikan barang.

“Untuk konsumsi lebaran utama daging, masyarakat diarahkan membeli pada pedagang yang sudah dipercaya sehingga daging harus lebih teliti.”ungkap nya

Sedangkan bagi pedagang hewan ternak sapi di arahkan agar penyembelihannya di RPH (Rumah Potong Hewan).

“Kalau di Rumah Potong Hewan lengkap ada petugas paramedis dan medis yang bisa mengarahkan pemotongan yang banar dan hasil daging terawasi,”ujarnya

Sementara sejumlah staf di bidang keswan diturunkan ke perbatasan untuk lakukan cek kesehatan keluar masuknya hewan. “Hewan yang masuk dan keluar Kabupaten Pacitan, apalagi untuk dijual harus siapkan surat rekomendasi kesehatan hewan yang ingin dijual beli.”jelas Agus

Terkait ancaman Anthraks, lebaran tahun ini di klaim Dinas Pertanian tidak muncul. Hal itu karena rajin vaksin dan pemantauan.

“Anthraks pada hewan sapi, hasil monitoring tidak ditemukan khususnya di wilayah barat, semua daging yang di jual di pasaran layak konsumsi. Sedangkan pencegahan anthraks, kita rajin pantau dan rajin vaksin lokasi pernah punya riwayat.”pungkasnya.

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 07.44
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03