Target 100 Persen Vaksin Usia Anak di Kabupaten Pacitan Kelihatannya Sulit Tercapai

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, Januari 22, 2022

GrinduluFM Pacitan -Capaian vaksin anak kelompok usia 6-11 tahun di Kabupaten Pacitan sudah mencapai 92 persen untuk vaksin dosis 1 dan 8 persen untuk vaksin dosis ke 2. Melihat perkembangan vaksinasi Covid-19 Kelompok usia 6-11 tahun di Kabupaten Pacitan sulit untuk mencapai target 100 persen dari total jumlah sasaran.

Hal itu diungkapkan Sugeng Retiyono Koordinator Vaksinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

Menurutnya, capaian vaksin anak menjadi turun setelah ada sejumlah faktor yang muncul ditengah pelaksanaan. Seperti tidak adanya izin dari orangtua dan komorbid yang dimiliki si anak.

“Memang kelihatannya kita tidak bisa capai target 100 persen karena ada kelompok resisten yang sulit tervaksin, tidak adanya izin dari orang tua. Ada juga karena komorbid.”kata Sugeng Retiyono

Untuk anak anak yang masuk resistensi sekitar 10 persen dimana mayoritas sebarannya berada di sekolah madrasah. Namun tidak tercapainya vaksinasi anak ini masih ’lumrah’ atau diangka wajar saja.

Sementara langkah yang di upayakan pemerintah daerah untuk kelompok resistensi tersebut akan dilakukan sosialisasi kembali akan pentingnya vaksin bagi kekebalan tubuh anak terhadap virus Corona. Sedangkan untuk anak komorbid akan menunggu hasil rekomendasi dari dokter.

“Kita tidak akan memaksa, karena walau bagaimana juga ada KIPI efek samping dari vaksin ini yang tentunya juga sudah di perhitungkan dengan kesehatan si anak tersebut.”ungkapnya

Sementara vaksinasi Booster akan di upayakan secepat mungkin untuk bisa tercapai kelompok masyarakat rentan dan lansia. Sampai saat ini data yang masuk Dinkes sudah ada 11737 orang sudah dapatkan pelayanan vaksin booster.

“Upaya percepatan terus di lakukan sehingga target kami untuk kelompok lansia dan masyarakat rentan dalam satu bulan kedepan bisa tercapai semuanya.”tutup Sugeng

 

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 12.50
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03