Demi Dapatkan Herd Immunity, Masyarakat Pacitan Antusias Ikuti Serbuan Vaksin TNI AL Koarmada II

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, November 17, 2021

GrinduluFM Pacitan - Dalam rangka peringati hari Armada RI Tahun 2021, TNI Angkatan Laut Koarmada II Surabaya percepat terbentuknya Herd Immunity masyarakat pacitan melalui serbuan vaksinasi maritim. Kali ini Pacitan mendapatkan jatah bantuan 30.000 dosis.

Pelaksanaan vaksinasi ditinjau langsung Panglima Armada II Laksamana Muda TNI Dr Iwan Isnurwanto di Gedung Karya Dharma dan Gedung AKN Pacitan, Rabu(17/11/2021).

Serbuan vaksinasi oleh TNI AL Koarmada II tersebut diterima dengan senang hati masyarakat Pacitan yang terkadang masih sulit untuk mendapatkan akses vaksinasi Covid-19. Antusias warga tampak dari peserta yang datang baik di Gedung Karya dharma maupun di Gedung AKN Pacitan, dan juga di pos pos pelayanan vaksin. Tidak heran, jika jatah dari jumlah 30.000 dosis sudah tervaksin sasaran mencapai 25.000 orang selama seminggu.

Dalam kunjungannya ke AKN, Pangkoarmada II juga di dampingi Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan sejumlah Forkopimda berkeliling ke lokasi screening dan penyuntikan vaksin. Bahkan Pangkoarmada II juga menyempatkan diri menyapa peserta vaksin sekaligus mengajak foto bersama.

“Tujuan utamanya untuk serbuan vaksinasi ini bahwa kita tetap ingin mempertahankan kekebalan komunal masayarkat di seluruh Indonesia termasuk pacitan khususnya.” kata Laksmana Muda Iwan saat wawancara dengan sejumlah wartawan di Pusat vaksinasi-2 Gedung AKN.

Ditambahkan Pangkoarmada II, meskipun Pacitan sekarang cakupan vaksin sudah mencapai 70 persen kurang lebihnya, akan tetapi Koarmada II tetap memberikan atensi untuk membantu pacitan dengan serbuan vaksinasi.

Dilanjutkan Laksda Iwan, untuk kegiatan vaksinasi TNI AL sudah di laksanakan di sejumlah Kabupaten daerah teritorialnya, bukan hanya di Pacitan saja.

Kendala dalam percepatan herd immunity masyarakat memang masih ditemui di lapangan, dicontohkan masih adanya warga yang ragu untuk di suntik vaksin, ada juga masyarakat yang ngotot dengan prinsipnya sehingga menolak di suntik. Sehingga untuk capai cakupan vaksin di masing masing daerah memang membutuhkan perjuangan panjang dan kerja bersama sama atauperlu adanya sinergitas dari semua pihak.

Untuk kelancarkan dan keberhasilan pemberian vaksin, Koarmada II dan Dinas Kesehatan Pemkab Pacitan menerjunkan tenaga kesehatan yang profesinya dari Dinkes Koarmada II dan nakes setempat. Selain itu juga di siapkan alur atau perosedur yang harus diikuti oleh seluruh peserta vaksin. Serbuan vaksinasi tersebut juga dilaksanakan di 24 Puskesmas dan pos pelayanan vaksin yang ada di Kabupaten Pacitan. Dilaporkan Pangkoarmada II untuk pelaksanaan vaksin di Pacitan sampai dengan hari Selasa(16/11/2021) sudah tervaksin 25 ribu orang dari jumlah 30 ribu dosis.

“Dosis 1: 7225 orang dan dosis 2: 16.282 orang. Serbuan vaksin tersebut menunjukan adanya semangat pantang surut mendukung upaya serius Pemerintah untuk memperbantu pendistribusian dan pemberian vaksinasi Covid-19 khususon Pacitan.” tegas Laksda Iwan yang punya hobi nyanyi dan juga pintar menciptakan lagu ini

Sementara Indrata Nur Bayuaji Bupati Pacitan mengatakan, sangat ber terimakasih atas bantuan serbuan vaksin dari TNI AL Koarmada II ini sebab dengan begitu ketersediaan vaksin yang awalnya dulu sempat jadi kendala karena minimnya jatah untuk pacitan dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi, justru sekarang ini ketersediaan vaksin di Pacitan cukup berlimpah. Untuk itu diharapkan bagi warga yang belum vaksin segera mendaftarkan diri lewat Dinas Kesehatan atau puskesmas terdekat.

“Setidaknya dampak pandemi Covid-19 bisa tereliminer dengan serbuan vaksin oleh TNI AL Pangkoarmada II. Kita sudah 70 persen. Kemaren kita di level 3 sekarang level 2. Dengan serbuan vaksin ini perecepatan turun level ke level 1 bisa lebih cepat lagi. Tentu ini yang harus saya garis bawahi bahwa ini merupakan kerja bareng kita semua.”tambahnya.

Kabar menggembirakan dengan tercapainya cakupan vaksin 70 persen, Pacitan sekarang sudah masuk rangking ke 29 di Jawa Timur. ini sangat menggembirakan karena destinasi wisata yang memang lama tutup akan segera kembali bisa dibuka jika level sudah pada posisi level 2.

“Saya mohon peran penting media juga untuk tidak bosan meyebarkan akan pentignya vaksinasi Covid-19 bagi keamanan diri kita.” tutup Aji saat wawancara dengan media di Gedung AKN.

Editor : Asri Nuryani

Blog, Updated at: 14.54
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03