Sentono Gentong Diusulkan Jadi Wisata Taman Bumi (Geopark)

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan - 104,6 MHz on Rabu, 06 Oktober 2021

Grindulu FM Pacitan - Sentono Gentong yang sebelumnya dikenal sebagai tempat petilasan( bertapa) kini berubah menjadi kawasan wisata alam yang dicari-cari wisatawan untuk dikunjungi. Karena letaknya berada di bukit karang terjal Sentono Gentong layak untuk diusulkan menjadi wisata taman bumi atau geopark menyusul 13 wisata lainnya yang sudah masuk. 

Daryono Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pacitan menjelaskan, melihat keindahan alamnya memang kawasan sentono gentong sangat layak untuk diperkenalkan pada dunia. “Rencana sentono gentong juga sebagai taman bumi kita ajukan geosite sebagai bagian dari geopark. Kalau sentono gentong diusulkan paling tidak namanya mendunia.”kata Daryono
Sebelumnya sudah ada 13 lokasi wisata di pacitan yang diusulkan sebagai taman bumi(geopark) gunung sewu yang berada di sepanjang tiga kabupaten salahsatunya pacitan. Pengajuan geosite sentono gentong pada geopark gunung sewu merupakan pengembangan wilayah. Sedangkan terkait kekawatiran sulitnya untuk eksploitasi itu sebenarnya tidak beralasan lanjut Daryono. Menurutnya, selama eksploitasi itu tidak merusak keindahan taman bumi tetap masih bisa di lakukan. Geopark gunung sewu merupakan wilayah di tiga kabupaten yakni Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Pusat. Kemudian usulan sentono gentong bagian taman bumi untuk pengembangan geopark gunung sewu dalam waktu dekat ini Pemkab Pacitan membicarakan dengan dua kabupaten lain untuk pengembangan wilayah gunung sewu.
Sementara untuk geosite yang tampak tidak terawat dibantah Daryono. Menurutnya, selama ini geosite yang berupa batuan kars di sekitar geopark di daerah pacitan sampai saat ini tetap dirawat karena geopark itu implikasinya ke ekonomi masyarakat. Pacitan memiliki potensi wisata alam dan taman bumi atau geopark seperti gua gong, klayar dan baksooka. Jika geosite masuk geopark akan aman dari kerusakan akibat perbuatan tangan tangan yang tidak bertanggung jawab. “Saya lupa lainnya, pokoknya ada 13 lokasi, selain keindahan alam juga mengandung nilai sejarah yang dapat megedukasi masyarakat atapun wisata yang berkunjung.”ujar Daryono.

Tidak berlebihan jika sentono gentong menjadi pilihan untuk dijadikan tempat berwisata dan diusulkan menjadi geosite geopark agar dikenal dunia”karena tempat lokasinya berada di puncak bisa melihat panorana keindahan kota pacitan melalui ketinggian secara leluasa.”pungkas Daryono Sementara Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memiliki harapan untuk kelestarian geopark khusus kawasan gunung sewu bisa menjadi kawasan ekonomi khusus. Sehingga perlakuan juga mendapatkan ke khususan dari Pusat. “Pacitan dengan Wonogiri dan Wonosari untuk geopark ini harapan saya bisa jadi kawasan ekonomi khusus, sehingga perlakuan juga dapat kekhususan. Karena dari sisi lain geopark itu ’mengunguntungkan’ tapi juga membuat kita tidak leluasa untuk berkreasi.” pungkas Indrata.

 Editor : Asri Nuryani

Blog, Updated at: 07.58
Comments
0 Comments