Kapolda Jatim Cek Persiapan Posko PPKM Mikro di Desa Sumberharjo Pacitan, Seluruh Jajaran Agar Meningkatkan Secara Kuantitas Dan Kualitas Kampung Tangguh

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan - 104,6 MHz on Minggu, 14 Februari 2021

Grindulu FM, Pacitan - Kapolda Jawa TimurIrjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K.,S.H., M,H mengecek langsung kesiapan Posko Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM) di Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan yang menjadi salahsatu Desa terpilih Kampung Tangguh Percontohan di Kabupaten Pacitan.Minggu(14/2/2021)

Dalam kegiatan itu Kapolda Irjen Pol Nico di dampingi jajarannya dari  Polda Jatim dan Kapolres Pacitan AKBP Wiwid Ari Wibisono.

Irjen Pol Nico mengatakan tujuan pengecekan PPKM untuk berkoordinasi dengan Polres Pacitan dan melihat secara langsung penerapan protokol kesehatan serta memantau perkembangan situasi Covid-19 di Pacitan. Dalam pengecekan itu Irjen Pol Nico tampak memasuki satu persatu ruangan dan juga melihat struktur organisasi posko PPKM hingga tingkat RT di Desa Sumberharjo yang sudah dibentuk, mulai dari struktur pencegahan dan satgas yang lain juga sudah dicek langsung termasuk juga tempat untuk melaksanakan pemeriksaan dan ruang isolasi dan terakhir pengecekan berhenti di ruang dapur umum.

 Di katakan Irjen Pol Nico tujuan pengecekan kali ini untuk mendorong dan memberi bantuan supaya Kampung Tangguh tidak hanya terbentuk di Pacitan saja akan tetapi juga di daerah daerah lain di Jawatimur. “Kita ketahui bersama sesuai dengan Inmendagri 3 tahun 2021 tentang PPKM Mikro dan Pembentukan Posko Desa dan Kelurahan untuk pengendalian Covid-19 selama sebulan mulai Jnauari hingga Fberuari 2021 maka tujuan kami kesini ingin mendorong dan memberi bantuan supaya bisa terbentuk tidak hanya dipacitan tapi juga didaerah daerah lain dijatim.”kata Irjen Pol Nico.

  Kapolda Jatim berharap dengan pelaksanaan Inkemendagri 3 PPKM mikro itu ujung terdepannya adalah RT kemudian Desa, Kecamatan secara berjenjang kami dari polda pasti akan membeckup dan mohon dukungan masyarakat supaya pelaksanaan PPKM mikro ini bisa dilaksanakan, ditaati karena masih jangka panjang untuk menghadapi Covid-19. “Alhamdulillah nanti vaksin bisa berjalan masyarakat lebih disiplin kemudian semua pakai masker dan laksanakan 5M, Insyaallah mudah mudahan semua bisa lancar.”jelas Kapolda.

   Tak hanya mengecek kesiapan Kampung Tangguh dalam membantu PPKM Mikro saja akan tetapi kapolda Jatim juga memberikan bantuan. Sementara itu dari Polda juga memberikan arahan seluruh jajaran agar meningkatkann secara kuantitas jumlah kampung tangguh maupun kualitas. Hubungan kampung tangguh dengan posko PPKM Mikro adalah sinergi, apabila ada PPKM mikro dan ada kampong tangguh bisa jadi satu apabila berlainan tempat masih bisa melaksanakan koordinasi. “Karena kita ketahui PPKM mikro ini basisnya adalah RT sedangkan Kampung Tangguh basisnya kelurahan, jadi menurut saya sama saja sejalan dan sinergi.”jelas Kapolda Jatim. 

  Dari hasil pengecekan di Kampung Tangguh Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan, Kapolda Jatim memberikan catatan bagus meski masih perlu ditambah masalah pengobatan(kuratip).  “Kita akan mengupayakan bahwa traching, testing dan treatment khususnya untuk treching dan testing kebutuhan akan satu alat antigen, sementara mereka sudah Pak Kapolres gunakan GeNose Swab dan kami akan koordinasi dengan bapak bupati dan ibu Gubernur Jatim. Kebutuhan testing itu merupakan salah satu bagian penting. Kami dari Polda juga akan mendukung dari tim kesehatan untuk memberikan alat testing itu.”pungkas Irjen Pol..Nico Afinta.

Editor : Asri Nuryani

Blog, Updated at: 16.56
Comments
0 Comments