Realisasi Lanjutan Pembangunan Jalan Masuk Pelabuhan Gelon Tak Kunjung Jelas Kapan Akan Dimulai.

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Selasa, 20 Oktober 2020

Grindulu FM, Pacitan - Ir.Ahmad Subki Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Jatim-Bali Kemen PU menjelaskan, realisasi pembangunan jalan masuk pelabuhan gelon belum bisa dilanjutkan karena  pihaknya masih menunggu statemen dari Kementrian Perhubungan akan  kepastian keberlanjutan pembangunan pelabuhan gelon.  Sampai kapanpun, sebelum ada kejelasan dari Pusat bahwa pelabuhan gelon akan dilanjutkan lagi maka pembangunan jalan masuk juga belum bisa dilaksanakan.

 

Subki tidak mau tersandung masalah dengan KPK(Komisi Pengawasan keuangan) gara gara membangun jalan yang ternyata tidak dimanfaatkan.

“Sebetulnya pelabuhan gelon itu saat ini masih menunggu kepastian dulu dari Kementrian Perhubungan. Itu pelabuhan akan dibangun betul apa nggak. Saya khawatir kalau dibangun jalan duluan ternyata hasil kelayakan teknis dari keberadaan pelabuhan tidak sesuai dan hal ini potensi untuk tidak dilanjutkannya pembangunan pelabuhan itu.”jelas Subki

Untuk diketahui, kunjungan  Anggota DPR RI Gatot Sudjito Dapil VII ke Pacitan Senin(19/10/2020) membawa sejumlah Kepala Balai. Yakni, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jatim-Kementrian PUPR M. Reva Sastro Diningrat, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Agus Rudyanto dan Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV. 

Rombongan kunjungan Anggota DPR RI Gatot Sudjito dengan 4 Kepala Balai Pusat meninjau lokasi Pelabuhan Gelon .Selasa(19/10/2020)

Kalau dari BPJN Jatim- Bali sebagai Balai pelaksana yang penting  ada statemen dulu kepastian pelabuhan berlanjut, maka BPJN Jatim Bali siap membangunkan  akses jalannya.

“Apalagi kita sudah investasi sekitar Rp.30 Miliar untuk bangun jalan sejak tahun 2013 lalu. Jika nekat bangun takutnya sudah terlanjur investasi mahal, jalan sudah dibangun pelabuhan secara teknis tidak memenuhi syarat. Jangan sampai kita kena semprit Badan Pemeriksa Keuangan atau disingkat dengan BPK.”ujar Subki

Seperti diketahui, Pelabuhan gelon itu memang menjadi impian bersama terutama warga pacitan karena dengan terwujudnya pelabuhan gelon itu akan mendongkrak kegiatan sosial perekonomian masyarakat pacitan secara otomatis pertumbuhan ekonomi juga berdampak positif. Karena itu keberlanjutan pembangunan gelon sangat ditunggu tunggu oleh warga masyarakat pacitan.

Melihat lokasi pembangunan pelabuhan gelon memang strategis, Cuma secara kriteria teknisnya perlu statemen pasti dulu dari Kementrian Perhubungan.

“Karena pelabuhan sekarang memang jadi andalan untuk jadi andalan kegiatan ekonomi di suatu wilayah.”imbuh Subki.

Editor: Asrinuryani

Blog, Updated at: 13.07
Comments
0 Comments