Nota LKPJ Bupati DiParipurnakan, Pendapatan Daerah Tahun 2019 Turun

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Kamis, 19 Maret 2020

Grindulu FM, Pacitan - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kabupaten Pacitan, Kamis (19/03/2020) membahas Nota LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban) Bupati dalam rapat paripurna di Gedung DPRD. Dalam paripurna tersebut terungkap Pendapatan Daerah mengalami penurunan 4,05 % dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 1 Trilyun 788 Milyar 495 juta 524 ribu 47 Sen Rupiah.

Hal itu seperti dilaporkan Wakil Bupati Yudi Sumbogo, “Disebabkan adanya kebijakan Pemerintah Pusat pengurangan dana perimbangan pada pos pendapatan bagi hasil pajak, bagi hasil bukan pajak dan penurunan pendapatan hibah.” Ujarnya.
Paripurna Nota LKPJ Bupati, Kursi Masing Masing Anggota diberi jarak 1 Meter Lebih
foto  : Grindulufm-asri
Sementara untuk realisasi pendapatan daerah tahun 2019 sebesar 1 trilyun 718 milyar lebih dari target sebesar 1 trilyun 776 milyar lebih, atau mencapai (96,73%).

Dengan  menurunnya  pendapatan daerah tersebut  Ketua DPRD Pacitan  Indrata Nur Bayu Aji ikut sedih. “Terkait itu pula DPRD akan mencoba melakukan pembahasan intensif  dengan anggota  DPRD  lainnya. Dalam pembahasan nanti ada khusus membahas bagaimana  menaikan pendapatan daerah  itu. Namun dalam kondisi sekarang ini menaikan PAD (Pendapatan Asli Daerah) akan  sulit tampaknya dengan adanya wabah  virus corona.”Ujar Aji.

Seperti diketahui, dalam  paripurna Kamis (19/03/2020) DPRD memberlakukan  sangat ketat keluar masuknya tamu undangan atau peserta paripurna. Karena  adanya status siaga wabah corona kebijakan untuk melakukan pemeriksaan ketat  melalui thermometer tembak dan juga steril cuci tangan. Bahkan  kondisi rapat paripurna kursi anggota direnggangkan satu sama lain sekitar 1 meter lebih.

"Hal itu sebelumnya tidak dilakukan. karena ada SOP dari Dinas Kesehatan harus kita laksanakan." Terang Imam Bashori Kasubaghumas Protokol Sekretariat DPRD Pacitan.

reporter : asrinury

Blog, Updated at: 15.36
Comments
0 Comments