Pendaftar Bakal Calon Bupati Pacitan Perseorangan Kosong

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Sabtu, 29 Februari 2020

Grindulu FM, Pacitan -  Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pacitan 2020 ini dipastikan tanpa diikuti calon perseorangan atau independen. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya satupun pasangan calon perseorangan yang mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Pacitan untuk mendaftar, sampai batas waktu terakhir pendaftaran dibuka Minggu(23/02/2020).

Ketua KPU Kabupaten Pacitan Sulis Styorini
Foto: Grindulufm/Asri
“Sudah kita pastikan, perhelatan Pilbup Kabupaten Pacitan Tahun 2020 ini tanpa ada calon perseorangan. kenapa tidak ada yang daftar saya juga tidak tahu.seluruh masyarakat juga punya alasan masing masing untuk tidak mencalonkan.”kata Sulistyorini Ketua KPU Kabupaten Pacitan.

Kosongnya Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati dari perseorangan atau independen ini, diperkirakan untuk mendaftarkan perseorangan dianggap berat, mengingat syaratnya juga terlalu banyak. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, minimal dukungan calon perseorangan yang maju dalam Pilbup berkisar antara 6,5 persen hingga 10 persen dari jumlah pemilih (DPT Pilkada terakhir).

Menurut Sulis Styorini, sampai akhir jadwal pendaftaran dibuka, penyerahan syarat dukungan yakni tanggal 23 Februari 2020 pukul 00.00 WIB, tidak ada satupun calon yang mendaftakan diri ke KPU Pacitan lewat calon perseorangan. Setelah tidak ada yang mendaftar dari calon perseorangan, KPU membuatkan berita acara. "Dan kami umumkan sampai batas akhir tidak ada calon perseorangan yang menyerahkan persyaratan ke KPU pacitan.” tuturnya. Tentu dengan tidak adanya calon yang maju melewati perseorangan dalam Pilbup 2020, dipastikan Pilbup pacitan ini hanya akan diikuti oleh calon yang berasal dari partai politik.

Seperti diketahui, sesuai jadwal Pilkada serentak 2020, pendaftaran calon kepala daerah Kabupaten Pacitan dalam Pilbup 2020 ini dimulai pada 16 sampai 18 Juni 2020, kemudian penetapan paslon akan diumumkan 8 Juli 2020.

reporter : asrinury

Blog, Updated at: 13.11
Comments
0 Comments